Selasa , 12 Desember 2017
Home / HALAL / Jakarta Cocok Jadi Pionir Gaya Hidup Halal
Ilustrasi: Jaminan Halal di Jakarta

Jakarta Cocok Jadi Pionir Gaya Hidup Halal

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW) Ikhsan Abdullah mengatakan, Jakarta sebagai Kota Metropolis sangat tepat menjadi pionir gaya hidup sehat dan halal. Menurut dia, gaya hidup modern tersebut penuh berkah dan diharapkan mampu menjadi tren global.

Saat ini DKI Jakarta telah memiliki Peraturan Gubernur (pergub) DKI Nomor 158 Tahun 2013 tentang Sertifikasi Halal Restoran dan non-Restoran. Sayangnya hingga sekarang pergub tersebut belum diimplementasikan.

“Semoga di masa akhir jabatannya Gubernur Ahok menyadari akan tanggungjawabnya yang masih terutang,” ujarnya, Senin (27/9).

Ikhsan menyebut Gubernur DKI Jakarta, Ahok seharusnya mengimplementasikan pergub tersebut. Pasalnya pergub tersebut mengikat dirinya dan masyarakat yang merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Di sisi lain, pergub tersebut sebagai wujud jaminan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin warganya dapat memenuhi kebutuhan makanan dan minuman halal di restoran dan gerai non-restoran,” kata Ikhsan.

Menurut Ikhsan pergub tersebut sangat sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mensyaratkan semua produk beredar di masyarakat wajib bersertifikasi halal. Komitmen Pemprov DKI terhadap pergub tersebut cukup diragukan. Terbukti, Ikhsan mengatakan dari jumlah restoran yang ada di Jakarta yang hingga saat ini berjumlah sekitar 1.981 restoran, hanya 36 saja yang telah melakukan sertifikasi halal (hanya 1,8 persen), selebihnya tidak jelas.

Jika dibandingkan dengan Bangkok (Thailand), negara itu sudah memiliki 172 restoran yang telah bersertifikasi halal dari total 2.000 restoran. Padahal Bangkok adalah ibu kota dari negara yang notabene berpenduduk non-Muslim. (MH)

Baca Juga

Dukung Wisata Halal, Sandi Dorong Hotel Konvensional Beralih ke Syariah

Jakarta (PIKIRANUMAT)-Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengembangkan wisata halal (halal tourism) di Ibu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *