Selasa , 12 Desember 2017
Home / HEALTH / Anak Sakit Dilarang Mandi, Benarkah?
Ilustrasi: Anak Sedang Sakit.

Anak Sakit Dilarang Mandi, Benarkah?

PIKIRAN UMAT – Hari-hari belakangan ini cuaca makin tidak menentu. Hal itu tentu saja berpengaruh pada kesehatan, terutama anak-anak. Demam disertai flu dan batuk, biasanya menjadi ‘langganan’, jika musim telah memasuki pancaroba.

Istirahat cukup menjadi salah satu upaya meringankan sakit yang diderita anak. Dan tak jarang, sebagian besar orangtua menghindarkan anak yang sedang sakit dari aktivitas membersihkan tubuh, alias mandi. Banyak orangtua beranggapan bahwa mandi akan memperberat sakit yang dialami anak. Benarkah?

Fakta yang terjadi malah sebaliknya. Ternyata, mandi dengan air hangat justru menjadi salah satu cara untuk meringankan keluhan yang dialami anak saat sakit.

Sebuah studi di India mengungkapkan bahwa anak yang mandi air hangat dan diberi obat penurun panas mengalami penurunan suhu tubuh yang lebih cepat, dibandingkan anak yang diberi obat penurun panas saja. Sedangkan pada anak yang mengalami gejala flu, mandi dengan air hangat dapat membantu pengenceran dan pengeluaran lendir di saluran napas serta mengurangi rasa pegal.

Mandi juga tetap dapat dilakukan bila anak mengalami ruam pada kulit, misalnya bila sedang terkena cacar air atau campak. Mandi tidak akan memperberat gejala, namun akan mengurangi rasa gatal yang dialami.

Kabar baik lainnya, mandi menggunakan sabun akan menghindarkan anak dari infeksi tambahan akibat bakteri. Jika hendak memandikan anak yang sedang sakit, suhu air yang dianjurkan adalah berkisar antara 37-38 derajat celsius. Apabila tidak memiliki termometer, periksalah airnya dengan punggung tangan untuk memastikan suhunya tidak terlalu panas.

Tetap gunakan sabun seperti biasa, namun akan lebih baik lagi jika menggunakan sabun antibakteri. Yang tetap harus diperhatikan ialah, hindari memandikan anak lebih dari 15 menit.

Nah, sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk memandikan anak yang sedang sakit, terutama demam, flu, dan bantuk. Selain tidak membahayakan, aktivitas mandi justru membantu mempercepat penyembuhan si kecil. (HR)

Baca Juga

Kena Wasir? Begini Cara Mengatasinya

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Tidak bisa dimungkiri, kebiasaan makan masyarakat semakin berubah. Semakin banyak orang memilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *