Home / MUSLIMAH / Begini Cara Sederhana Mendidik Anak Jadi Santun
Foto Ilustrasi : gresnews.com

Begini Cara Sederhana Mendidik Anak Jadi Santun

PIKIRAN UMAT – Nilai moral sangat penting ditanamkan kepada anak agar mereka dapat membawa diri dengan baik ketika bersosialisai dengan sekitar.

Santun dalam berbicara dan bersikap adalah hal penting yang harus ditumbuhkan dalam pribadi anak. Sebab hal tersebut merupakan nilai moral mendasar yang wajib diajarkan kepada anak agar mereka mampu bertahan di lingkungan sosial.

Terkait dengan pembiasaan bersikap santun dimanapun, setidaknya ada tiga nilai moral yang wajib diajarkan kepada anak.

Yang pertama ialah meminta maaf. Meminta maaf mengajarkan anak berjiwa besar, menyadari kesalahan, bertanggung jawab, dan empati terhadap orang lain.

Orangtua tak perlu gengsi mencontohkan meminta maaf terlebih dahulu kepada anak. Justru dengan hal itu, anak menjadi terbiasa dan ia pun akan meneladani sikap positif orangtua untuk meminta maaf terlebih dahulu.

Nilai yang kedua yang harus ditanamkan pada anak ialah mengucapkan terima kasih. Besar sekali efek menanamkan anak untuk mengucapkan terima kasih atas setiap pemberian dan kebaikan yang ia terima.

Selain mengajarinya bersyukur, berterima kasih adalah suatu pengakuan ketika menerima apapun.

Yang ketiga ialah meminta tolong. Penting sekali mengajarkan anak mengucapkan kata, “Tolong” ketika mereka butuh bantuan orang lain. Anak-anak menjadi terlatih untuk berlaku sopan, rendah hati, dan tidak seenaknya menyuruh-nyuruh orang lain.

Menjadikan ketiga hal sederhana tersebut sebagai kebiasaan sehari-hari dalam keluarga, akan membentuk anak-anak menjadi orang yang santun di kemudian hari. Kelak dimanapun mereka berada, mereka dapat membawa diri dengan sebaik-baiknya dan lingkungan pun akan menerima keberadaan anak-anak dengan sangat terbuka. (HR)

Baca Juga

Untuk Pertama Kali Muslimah Berjilbab Ikut Kontes Kecantikan Inggris

PIKIRANUMAT-Untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris, seorang peserta kompetisi ajang kecantikan mengenakan kerudung. Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *