Sabtu , 23 September 2017
Home / HEALTH / Tak Perlu Obat, Cara Ini Terbukti Ampuh Sembuhkan Flu
Ilustrasi: Orang yang Sedang Terserang Flu.

Tak Perlu Obat, Cara Ini Terbukti Ampuh Sembuhkan Flu

PIKIRAN UMAT – Penyakit yang tergolong ringan, namun kadang memerlukan waktu cukup lama untuk penyembuhannya. Itulah flu.

Flu merupakan penyakit umum yang kadang sulit dihindari, apalagi jika imunitas tubuh menurun dan cuaca kurang bersahabat. Tetapi, istirahat cukup dan asupan makanan yang tepat dapat kita lakukan untuk mencegah bahkan mempercepat penyembuhan flu.

Tak perlu terburu-buru mengonsumsi obat ketika flu menyerang, beberapa makanan dan minuman ini dapat meningkatkan imunitas tubuh saat musim flu tiba. Bahkan, kita dapat mengonsumsi semuanya menjadi menu wajib selama masa penyembuhan flu.

Kaldu Tulang

Ahli gizi klinis dan holistik, Esther Blum menjelaskan bahwa kaldu tulang kaya glutamin dan glisin, dua asam amino yang dapat membantu sel dalam memperbaiki dan menyembuhkan peradangan usus.

Selama musim dingin, Esther melakukan percobaan dengan mengonsumsi secangkir kaldu tulang hampir setiap hari. Dia mengatakan, kaldu tulang berperan penting membuat keluarganya bebas flu sepanjang tahun.

Teh Hijau Tanpa Gula

Teh hijau selain dapat membantu menurunkan berat badan dan stres, juga efektif mencegah flu.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak Jepang yang minum teh hijau sebanyak enam kali seminggu berisiko lebih kecil untuk mengidap flu daripada rekan-rekan mereka yang jarang minum teh hijau.

Jeruk

Tak diragukan, vitamin C merupakan vitamin penguat kekebalan tubuh. Tak perlu repot mengonsumsi suplemen, kita bisa mendapatkannya langsung dari sumbernya dengan makan jeruk segar.

Agar manfaatnya menjadi ganda, nikmati juga irisan kulit jeruk bagian luar karena kulit putih dari jeruk mengandung paling banyak flavonoid, yang telah dikaitkan dengan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh.

Madu

Fitonutrien dalam madu mentah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan virus serta bakteri penyebab flu.

Menambahkan beberapa sendok kecil madu dengan secangkir air hangat, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Jahe

Penting untuk memasukkan jahe segar ke dalam masakan. Tak hanya dengan cara itu, kita juga dapat meminum rebusan jahe yang diberi sedikit gula, jika sudah mendidih tuangkan dalam cangkir dan minum setelah air jahe menghangat.

Jahe memiliki sifat antivirus utama yang dapat membuat kita sehat dan membantu tubuh menyembuhkan diri dari berbagai penyakit. (HR)

Baca Juga

YLKI: Waspadai Makanan Mi Kuning Mengandung Formalin

Medan (SI Online) – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sumatera Utara minta kepada masyarakat agar mewaspadai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *