Senin , 11 Desember 2017
Home / INSPIRASI / Kyai As’ad Syamsul Arifin Jadi Pahlawan Nasional
Allahuyarham KH Raden As’ad Syamsul Arifin.

Kyai As’ad Syamsul Arifin Jadi Pahlawan Nasional

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Allahuyarham KH Raden As’ad Syamsul Arifin ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Kyai As’ad, yang merupakan ulama terkemuka dari Situbondo, Jawa Timur, ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 90/TK/Tahun 2016 tertanggal 3 November 2016.

Upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional dilakukan di Istana Negara, Rabu (09/11) dengan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi. Keppres pahlawan nasional diserahkan Presiden pada perwakilan dari ahli waris keluarga, KH Raden Ahmad Azaim Ibrahimy.

KH R. As’ad adalah pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Ia lahir pada 1897 di Mekkah dan wafat pada 4 Agustus 1990 di Situbondo, Jawa Timur.

Kyai As’ad merupakan putera dari Raden Ibrahim dan Siti Maimunah. Kedua orang tuanya berasal dari Pamekasan, Madura. Ayah dari Kyai As’ad, yakni Raden Saleh lebih dikenal dengan sebutan KH Syamsul Arifin. Dia masih keturunan dari Sunan Ampel. Sedangkan ibunya, Siti Maimunah, masih keturunan dari Pangeran Ketandur yang merupakan cucu Sunan Kudus.

Kyai As’ad menduduki jabatan terkahir di PBNU sebagai Mustasyar (Dewan Penasihat). Ia juga termasuk salah satu tokoh pendiri NU dan pernah menjadi Anggota Konstituante (1957-1959). [SR]

Baca Juga

Kita Pay Hadir untuk Umat

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Data dari Bank Dunia tahun 2016 menyebutkan, angka kemiskinan penduduk indonesia, yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *