Selasa , 12 Desember 2017
Home / BEAUTY / Muslimah, Jangan Malas Lakukan Ini Jika Ingin Rambut Selalu Sehat
Ilustrasi: Menjaga Kesehatan Rambut Muslimah Berkerudung.

Muslimah, Jangan Malas Lakukan Ini Jika Ingin Rambut Selalu Sehat

PIKIRAN UMAT – Kerudung terbukti mampu melindungi rambut dari lingkungan luar seperti matahari, angin, udara, hujan, dan asap polusi.

Meski demikian, dalam kondisi apapun, Muslimah tentu wajib memberi perhatian ekstra pada rambutnya.

Berikut adalah beberapa hal yang mudah dilakukan Muslimah untuk mempertahankan kesehatan dan keindahan rambut:

Sebelum Mandi, Sisir Rambut Terlebih Dahulu

Sisir rambut dengan sisir bergerigi jarang dan lebar untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Langkah ini terlihat sepele namun sangat penting bagi yang sering menguncir rambut saat menggunakan kerudung. Cara ini juga berguna untuk menghindari rambut rontok.

Pilih Shampo untuk Kulit Kepala Sensitif

Kondisi rambut saat berkerudung cenderung berminyak dan lembab. Menggunakan shampo ringan untuk kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok.

Penting untuk selalu memilih shampo dan kondisioner yang ringan untuk mencegah rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh bahan kimia. Juga, ingat untuk tidak menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari. Adalah lebih baik jika menggunakannya berselang hari.

Gunakan Masker Rambut

Jika di dalam rumah ada ruangan yang bisa mendapatkan cahaya matahari langsung, perlu kiranya seminggu sekali duduk di bawah paparan matahari pagi tanpa berhijab dan pijat-pijat kepala selama 20 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan dicerna oleh tubuh untuk mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, alternatifnya ialah oleskan masker rambut 2-3 kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut tumbuh lebih baik. Jika terlalu sibuk melakukan sendiri di rumah, coba perawatan ini di salon. Sekarang sudah banyak salon-salon Muslimah menawarkan perawatan ini dengan biaya yang terjangkau.

Keringkan Rambut Sebelum Memakai Kerudung

Hindari mengikat rambut dan memakai kerudung saat rambut masih basah. Rambut basah lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan, sehingga mengikat erat rambut saat basah akan menyebabkan ketegangan yang tidak perlu untuk helai rambut yang sudah terlanjur lemah. Belum lagi, ini juga dapat menyebabkan ketombe.

Blow dry atau catok rambut juga bukan pilihan. Kedua alat ini hanya akan merusak rambut. Tapi, jika benar-benar butuh menggunakan pengering rambut, atur suhu di posisi paling rendah hingga sedang.

Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Hindari melakukan hal ini. Lebih baik menatanya dengan menguncir atau mencepol longgar di bawah kerudung. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, dan dapat menyebabkan rambut rontok.

Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut menipis dan rontok.

Gerai Rambut Sesekali

Mengenakan kerudung tidak berarti selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berkerdung, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar.

Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

Potong Rambut

Cobalah untuk memotong rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Hal ini berguna agar rambut tetap tumbuh dengan sehat. (HR)

Baca Juga

Barbie Luncurkan Boneka Berkerudung Pertama

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Setelah 58 tahun jadi salah satu mainan anak perempuan terkemuka di dunia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *