Home / BERITA / Hubungan Indonesia-Turki Riwayatnya Sangat Panjang
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Hubungan Indonesia-Turki Riwayatnya Sangat Panjang

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid menyebut Indonesia dan Turki memiliki sejarah yang sangat panjang dan saling berhubungan semenjak keduanya masih berbentuk kerajaan.

“Turki di bawah kerajaan Usmani turut berkontribusi terhadap berdirinya kerajaan Islam di Demak. Karena saat itu Turki Usmani merupakan salah satu yang memberikan pengakuan berdirinya Kesultanan Islam Demak,” kata dia dalam seminar internasional “Indonesia and Turkey Science, Secularism, and Contemporary Politics” di Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Kedekatan kedua negara, sambung Hidayat nampak dari beberapa situs di Indonesia, salah satunya penamaan daerah Ulujami, di kawasan Jakarta Selatan.

“Tempat dimana terdapat Pesantren Darunnajah, itu memiliki kesamaan nama dengan salah satu ibukota Turki sebelum pindah ke Istanbul,” kata dia.

“Ulujami memiliki arti masjid besar. Tetapi, kebenaran akan pemikiran ini harus lebih diteliti,” imbuh mentan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Selain unsur sejarah, menurut doktor lulusan Universitas Islam MAdinah ini, masyarakat muslim Indonesia dan Turki memiliki berbagai kemiripan, yakni mengikuti aliran Ahlussunah wal jamaah.

“Melihat berbagai realitas itu sudah sepantasnya bila masyarakat dikedua negara mempererat kerjasa yang menguntungkan bagi keduanya,” tutur Hidayat. [SR/ANTARA]

Baca Juga

Politisi PPP dan PAN Pindah ke PBB

Jakarta (PIKIRANUMAT)-Sejumlah politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) khittah dan politisi PAN berhijrah ke Partai Bulan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *