Selasa , 12 Desember 2017
Home / EKONOMI SYARIAH / BNI Syariah Luncurkan Website Wakaf Hasanah
Peluncuran website Wakaf Hasanah BNI Syariah, Sabtu (19/11) di Bursa Efek Jakarta.

BNI Syariah Luncurkan Website Wakaf Hasanah

Jakarta (PIKIRANUMAT) – BNI Syariah meluncurkan website Wakaf Hasanah BNI Syariah, Sabtu (19/11). Peluncuran website yang digelar di Bursa Efek Jakarta itu dihadiri oleh Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad serta praktisi ekonomi syariah anggota Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

Dengan adanya website wakaf Hasanah, diharapkan masyarakat dapat mewujudkan gaya hidup hasanah yaitu menyebarkan kebaikan kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Masyarakat yang ingin menginvestasikan hartanya untuk kepentingan dunia dan akhirat dapat menikmati transaksi digital e-banking seperti ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking didukung oleh platform IT BNI Induk.

Dalam website https://wakafhasanah.bnisyariah.co.id ditampilkan informasi katalog proyek yang dikelola oleh nadzir dan akan mendapatkan pendanaan dari wakaf masyarakat sebagai wakif (pemberi wakaf). Diharapkan melalui website wakaf Hasanah, wakif dapat memilih jenis proyek yang diinginkan.

“Website wakaf Hasanah ini memiliki tagline ‘Karena harta dibawa mati’. Semoga upaya ini dapat menjadikan wakaf sebagai gaya hidup muslim”, ungkap Direktur Utama BNI Syariah, Imam Teguh Saptono.

Latar belakang peluncuran website ini berdasarkan potensi wakaf di Indonesia yang masih sangat besar. Berdasarkan informasi Badan Wakaf Indonesia bahwa saat ini masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang wakaf produktif yaitu dana wakaf yang diinvestasikan untuk menciptakan aset wakaf yang bernilai ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data tersebut lebih dari 90% peruntukan tanah wakaf masih dalam bentuk bidang pendidikan, masjid dan pemakaman, padahal potensi aset produktif per tahun 2014 dapat menjadi Rp60 triliun (sumber BWI Tahun 2014) yang dikembangkan di berbagai sektor usaha produktif.

Melihat potensi tersebut, BNI Syariah menginisiasi layanan Website Wakaf Hasanah BNI Syariah yakni layanan digital yang memfasilitasi masyarakat yang ingin berwakaf dalam bentuk tunai untuk kepentingan umat sesuai dengan prinsip syariah melalui rekening BNI Syariah, untuk disalurkan ke lembaga-lembaga profesional yang terdaftar sebagai nadzir atau pengelola wakaf diawali Yayasan Dompet Dhuafa, Yayasan Rumah Zakat, Global Wakaf, Yayasan Pesantren Al-Azhar, dan Badan Wakaf Indonesia, dengan proyek-proyek wakaf seperti wakaf sumur, commercial tower, rumah sakit, training center, dan lain-lain.

Program wakaf Hasanah diharapkan dapat mengumpulkan dana wakaf ± Rp 50 Miliar untuk berbagai proyek wakaf lembaga ini. [SR]

Baca Juga

BAZNAS dan BRI Syariah Kampanye Zakat Inklusif

Pontianak (PIKIRANUMAT) – Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dan pelayanan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *