Selasa , 12 Desember 2017
Home / EKONOMI SYARIAH / Cegah Umat Islam Jual Tanah ke Asing dan Aseng, MTW Siap Luncurkan Bank Tanah
Valentino Dinsi (tengah) dalam konferensi pers di masjid Baitul Ihsan, Jakarta Pusat, Ahad (20/11).

Cegah Umat Islam Jual Tanah ke Asing dan Aseng, MTW Siap Luncurkan Bank Tanah

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Kian hari warga pribumi kian terusir. Bagaimana tidak, setelah berbondong-bondong datang tenaga kerja Cina yang masuk di berbagai sektor mata pencarian, belum lama presiden Jokowi mengeluarkan ijin kepemilikan properti di Indonesia bagi Warga Negara Asing (WNA).

Menanggapi hal tersebut, Valentino Dinsi, penggagas Majelis Taklim Wirausaha (MTW) mengaku terpanggil untuk menyelamatkan aset umat Islam pribumi dalam hal kepemilikan tanah dan properti. Ia pun berencana akan meluncurkan Bank Tanah Indonesia.

“Insya Allah tahun depan MTW akan luncurkan Indonesia Land Bank (Bank Tanah Indonesia),” ujarnya dalam konferensi pers di Masjid Baitul Ihsan kompleks Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Ahad (20/11).

Penulis buku best seller “Jangan Mau Seumur Hidup Jadi Orang Gajian” itu mengatakan, tujuan didirikannya Bank Tanah ialah agar warga Muslim pribumi Indonesia tidak menjual tanah kepada orang Cina. Juga tidak pula menjualnya pada pihak Asing.

“Percayakan pada MTW (pada Indonesia Land Bank – red). Insyaa Allah MTW akan mencarikan pembeli-pembeli Muslim dan pembeli-pembeli pribumi,” kata Valentino.

Valentino menambahkan, bahwa hal tersebut juga berlaku pada para anggota MTW, jika mereka ada yang ingin menjual tanahnya.

“Jadi tanah kita akan beredar diantara kita sendiri tidak ke luar. Kedua, kalau tanah yang sifatnya produktif bisa kita olah. Kita akan carikan profesor-profesor yang akan mengolah tanah tersebut dan siapapun yang memiliki dana dapat berkerjasama, bagi hasil. Jadi aset kita tidak hilang,” urainya.

Sejauh ini, ide Bank Tanah sebagaimana dipaparkan Valentino Dinsi belum pernah ada di Indonesia. Dan hal tersebut baru kali ini diinisiasi oleh MTW. (YN)

Baca Juga

ZIS Indosat Kerja Sama dengan Rumah Wakaf Kelola Wakaf Produktif

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Tahun 2017 telah berjalan pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Sedekah dari karyawan …

One comment

  1. subhanalloh, saran sy bukan hanya tanah d jakarta. di bandung banyak tanah yg dijual kpd cina dan dibuat perumahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *