Senin , 11 Desember 2017
Home / HALAL / Alhamdulillah, Restoran Halal di Jepang Kian Marak
Ilustrasi: Restoran Halal di Jepang.

Alhamdulillah, Restoran Halal di Jepang Kian Marak

Tokyo (PIKIRAN UMAT) – Meningkatnya jumlah wisatawan dan mahasiswa Muslim yang datang dan tinggal di Jepang, menyebabkan jumlah restoran yang menyediakan makanan halal di Jepang semakin banyak.

Salah satunya restoran yang menyediakan makanan halal adalah Nikkoken di kota Sano, sebuah kota di utara Tokyo. Pemilik restoran, Dainari Goka merupakan generasi ketiga. Restoran ini telah melayani tamu Muslim sejak tahun 2000.

Ramen dan pangsit adalah menu yang disajikan di Nikkoken. Menurut Goka, makanan yang disajikan di restorannya terbuat dari bahan-bahan halal. Daging yang digunakan daging ayam dan kaldunya untuk ramen. Tempe dan sayuran digunakan sebagai pengganti daging babi yang biasa ada di pangsit.

“Saya bertemu dengan seorang drummer Afrika dari Guinea yang berada di kota, dan dia bertanya apakah di restoran saya terdapat menu yang dapat dimakan oleh umat Islam. Pernyataan pengunjung Afrika ini membuat saya tertarik untuk mempelajari budaya dan agama lain,” ungkap Goka sebagaimana dilansir straitstimes.com

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini restoran miliknya menawarkan dua menu. Satu menu untuk Muslim dan satu lagi untuk warga lainnya. Peralatan makan dan memasak pun dibedakan. Sehingga umat Muslim tidak perlu merasa khawatir saat mengonsumsi makanan.

Sedikitnya 1.000 pelanggan Muslim datang ke restoran milik Gako setiap tahunnya. Mereka berasal dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Pakistan dan Arab Saudi. Setelah makan di restoran, pengunjung Muslim ini biasanya menuliskan pesan di dinding restoran Mr Goka.

Selain restoran, hotel dan tempat wisata yang lebih ramah terhadap Muslim juga terus berkembang di Jepang. Terdapat sekitar 100.000 warga Muslim yang tinggal di Jepang, sementara jumlah wisatawan Muslim diperkirakan mencapai satu juta. (HR)

Baca Juga

Indonesia Halal Expo 2017 akan Digelar 16-18 November di Jakarta

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) kembali akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *