Sabtu , 23 September 2017
Home / HALAL / Komite Olimpiade Jepang Jajaki Kerja Sama dengan LPPOM MUI
Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim (keempat dari kiri) bersama Komite Olimpiade 2020 di Jepang. [foto: farid/lppom]

Komite Olimpiade Jepang Jajaki Kerja Sama dengan LPPOM MUI

Tokyo (PIKIRANUMAT) – Jepang yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade pada 2020, semakin serius mempersiapkan diri. Selain membangun sarana dan prasarana baru, untuk menyambut perhelatan olahraga tingkat dunia itu, pemerintah Jepang juga mempersiapkan fasilitas dan makanan halal untuk ajang tersebut.

β€œHal ini kami lakukan karena kami ingin agar para pemeuk agama Islam yang akan hadir di Olimpiade Jepang dapat menikmati makanan halal sesuai keyakinan Islam,” kata Tadayoshi Sueguchi, Director Food and Beverage Planning Section Tokyo Organizing Committee of Olympic, di Tokyo (22/11).

Dalam pertemuan khusus dengan Direktur LPPOM MUI, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si, Tadayoshi mengungkapkan bahwa pihaknya ingin sekali mendapat masukan dari MUI terkait penyiapan makanan dan minuman untuk para atlet di Olimpiade.

Untuk keperluan tersebut, pihaknya mengharapkan agar MUI dapat berperan sebagai salah satu advisor, dan akan ada pertemuan tindak lanjut untuk membahas hal tersebut.

Sementara itu, Lukman menyatakan bahwa bagi umat Islam, mengkonsumsi yang halal menjadi suatu keharusan, sehingga tersedianya makanan halal bagi mereka juga tak bias diabaikan.

β€œAda beberapa standard dan kriteria yang harus dipenuhi agar makanan dan minuman dapat disebut halal. MUI yang sudah menangani halal lebih dari 27 tahun siap mendukung ketersediaan makanan halal di Jepang, karena makin banyak orang Indonesia yang berwisata ke Jepang, terlebih lagi dengan akan adanya Olimpiade pada 2020 yang akan datang,” kata Lukman.

Dalam kesempatan tersebut, atas nama MUI, Lukman memberikan apresiasi kepada pemerintah Jepang yang berusaha memberikan pelayanan kepada konsumen Muslim, baik dari Indonesia maupun negara-negara lain. [Farid Mahmud/SR]

Baca Juga

Promo Wisata Halal Dongkrak Kunjungan Turis Asing ke Lombok

Mataram (PIKIRANUMAT) – Kunjungan wisatawan mancanegara di Nusa Tenggara Barat mengalami kenaikan hingga 65,5% atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *