Senin , 11 Desember 2017
Home / HALAL / LPPOM MUI Hadiri Halal Expo Japan 2016
Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim menjadi pembicara dalam Halal Expo Japan 2016 di Tokyo, 22-23/11/2016. [foto: farid/lppom]

LPPOM MUI Hadiri Halal Expo Japan 2016

Tokyo (PIKIRANUMAT) – Halal Expo Japan 2016 yang berlangsung di Tokyo pada 22-23 November 2016 dan diikuti oleh lebih dari 100 partisipan, dimeriahkan pula dengan seminar “Peluang Industri Halal di Indonesia”.

Tampil sebagai pembicara antara lain President Yano Research Institute, Ltd., Takashi Mizukoshi selaku penyelenggara, Retno Supeni, M.Phil., dari Kedutaan RI di Jepang serta Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama (LPPOM MUI), Dr. Lukmanul Hakim, M.Si.

Takashi menyatakan bahwa penyelenggaraan seminar tentang potensi halal di Indonesia didasarkan pada tingginya minat pelaku usaha di Jepang yang tertarik ingin mengajukan sertifikasi halal di Indonesia.

“Oleh karena itu, kehadiran LPPOM MUI dalam acara ini diharapkan dapat menjawab keingintahuan kami tentang halal,” kata Takashi.

Sebagai negara yang banyak melakukan investasi di berbagai negara, kata Retno Supeni, investasi Jepang d Indonesia selama ini cukup besar, mencapai US$ 12.104 miliar hingga akhir 2014, menempati peringkat kedua setelah Singapura. Sementara itu, investasi bidang makanan dan minuman di Indonesia masih relatif kecil, hanya sebesar US$ 444 juta pada periode yang sama.

“Ini menjadi peluang yang sangat besar bagi pengusaha Jepang untuk berinvestasi lebih besar lagi di Indonesia,” kata Retno Supeni.

Namun, mengingat konsumen terbesar di Indonesia adalah muslim, maka menurut Lukmanul Hakim, kehalalan produk yang masuk ke Indonesia menjadi sebuah keharusan.

“Kelak, setelah UU Jaminan Produk Halal diberlakukan, maka seluruh produk yang beredar di Indonesia harus bersertifikat halal,” tegas Lukmanul Hakim.

Dalam kesempatan tersebut, Lukmanul Hakim juga menjelaskan mengenai landasan sertifikasi halal, proses penentuan halal, hingga penempelan logo halal yang kebijakannya ditangani oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Pada Halal Expo Japan 2016, LPPOM MUI bekerjasama dengan Yano Research juga membuka stand konsultasi dan informasi halal yang diminati oleh para pengunjung. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang baby care yang akan segera mengajukan sertifikasi halal ke LPPOM MUI. [Farid Mahmud/SR]

Baca Juga

Dukung Wisata Halal, Sandi Dorong Hotel Konvensional Beralih ke Syariah

Jakarta (PIKIRANUMAT)-Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengembangkan wisata halal (halal tourism) di Ibu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *