Selasa , 12 Desember 2017
Home / MUSLIMAH / Cara Jitu Siapkan Sang Kakak Bertemu Adik Baru

Cara Jitu Siapkan Sang Kakak Bertemu Adik Baru

PIKIRAN UMAT – Cemburu, rasa kehilangan dan merasa kurang diperhatikan mungkin akan dirasakan setiap anak saat akan atau sudah memiliki adik baru. Bahkan tak jarang, anak melakukan hal-hal yang ia anggap dapat menarik kembali perhatian orang tuanya.

Sementara sang ibu, kadang tanpa disadari berperilaku atau mengucap sesuatu yang seolah-olah saat ini adiknya lah yang lebih penting hingga menuntut pengertian sang kakak.

Untuk itu, sebelum orangtua berencana memberikan adik untuk sang kakak, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu fisik dan psikis nya. Sehingga ketika anggota baru telah hadir di tengah keluarga, kakak dapat menerimanya bahkan menyayangi sang adik.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan mempersiapkan kakak menyambut adik baru.

Kondisikan

Sebelum adik lahir atau ketika ibu telah mengetahui bahwa ia positif hamil, kabarkan pada kakak bahwa kelak akan ada anggota baru dalam keluarga yang disebut adik. Persiapkan kakak agar dapat menerima adik barunya . Biasakan juga untuk lebih mandiri, sekaligus beri pujian bahwa ia sudah besar.

Memiliki Adik Sangat Menyenangkan

Ibu dapat memperkenalkan kakak kepada adiknya sejak dalam kandungan. Jika ada gerakan-gerakan pada janin, ajak kakak untuk memegangnya sambil berkata, “Adiknya sudah nggak sabar nih mau main sama kakak.” atau kalimat lain yang menunjukkan bahwa memiliki adik itu sangat menyenangkan, sehingga kakak merasa senang dan tak sabar ingin bertemu adik barunya.

Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Kepercayaan

Dalam kondisi yang menyenangkan, ajaklah anak berbicara dari hati ke hati, sampaikan padanya bahwa kini ia telah besar dan akan memiliki adik, dan sampaikan juga apa yang menjadi tanggung jawabnya sebagai kakak. Kelak, percayakan pada kakak bahwa ia bisa membantu ibu merawat adik bayinya, seperti mengajaknya bermain atau sekedar mengambilkan popok untuk adiknya.

Menjelang Kelahiran Adik

Sebelum melahirkan, sampaikan pada anak bahawa nanti ibu akan bermalam beberapa hari di rumah sakit, sehingga kelak saatnya tiba, sang anak tidak tiba-tiba merasa kehilangan ibunya. Sampaikan juga padanya bahawa ibu dan adik bayi ingin sekali kakak menengok dan menemani ibu serta adik.

Ketika Adik Telah Lahir

Jangan buat sang kakak merasa dinomor dua kan dengan mengatakan, “Adik kan masih kecil belum bisa ini dan itu.” . Tentu saja sang kakak akan merasa bahwa dirinya tak lagi penting sehingga bisa jadi akan timbul perubahan-perubahan yang tak kita inginkan.

Ketika Sedang Leluasa

Ajaklah kakak bicara, sampaikan bahwa Ibu sangat merindukannya, hingga ia merasa bahawa ternyata selama ini ibu juga menyayanginya .

Demikian beberapa kiat yang dapat dilakukan orangtua menjelang kelahiran anak kedua dan seterusnya. Dan ingat, tak ada lagi hal yang berguna setelah kita tiada kecuali 3 perkara, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat , dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya. (Maria Firdaus)

Baca Juga

Barbie Luncurkan Boneka Berkerudung Pertama

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Setelah 58 tahun jadi salah satu mainan anak perempuan terkemuka di dunia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *