Selasa , 12 Desember 2017
Home / EKONOMI SYARIAH / Tingkatkan Peran Wakaf, BWI Inisiasi Forum Wakaf Produktif
Ketua BWI Slamet Riyanto saat menyampaikan sambutan peluncuran Forum Wakaf Produktif di Jakarta, Rabu (07/12/2016).

Tingkatkan Peran Wakaf, BWI Inisiasi Forum Wakaf Produktif

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Wakaf bukan hanya wilayah kerja nazhir, Kementerian Agama, dan Badan Wakaf Indonesia (BWI). Wakaf akan menjadi kekuatan penggerak perekonomian nasional jika bersinergi dengan dunia usaha, perbankan, otoritas moneter, Otoritas Jasa Keuangan, dan pemangku kepentingan yang lain. Sinergi ini terutama untuk peningkatan wakaf produktif.

Karena itu, BWI memandang penting adanya suatu jaringan, sinergi, dan komunikasi yang baik di antara berbagai pemangku kepentingan.

Sebagai langkah awal, BWI menginisiasi pembentukan Forum Wakaf Produktif yang akan mewadahi dan mengarahkan gerakan wakaf produktif ke arah yang lebih maju, lebih massif, dan lebih terasa manfaatnya bagi masyarakat.

“Dengan adanya forum ini diharapkan wakaf akan semakin maju dan berkembang,” kata Ketua BWI Slamet Riyanto saat menyampaikan sambutan peluncuran Forum Wakaf Produktif di Jakarta, Rabu (07/12/2016).

Beberapa pemangku kepentingan yang hadir antara lain Ketua Badan Pelaksana BWI Slamet Riyanto, Dirut BNI Syariah Imam Saptono, Deputi Direktur Bank Indonesia Ascarya, Direktur Otoritas Jasa Keuangan Mulya Siregar, pimpinan nazhir-nazhir wakaf, perwakilan bank-bank syariah, dan para pemangku kepentingan yang lain.

Sementara forum ini beranggotakan BWI, Dompet Dhuafa, Wakaf Al-Azhar, Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa (ESQ), Perhimpunan BMT Indonesia, Global Wakaf, Rumah Wakaf, Sinergi Foundation (Wakafpro), Wakaf Daarut Tauhiid, dan Wakaf Bani Umar.

Slamet berharap pembentukan forum wakaf produktif ini bisa membuat gerakan wakaf produktif menasional, gairah berwakaf masyarakat lebih tinggi, penghimpunan wakaf semakin besar, dan manfaat wakaf semakin dirasakan masyarakat. Menurutnya, wakaf pada dasarnya adalah untuk keabadian harta dan pahala sekaligus untuk kesejahteraan umat.

bwi-fwp-1

Dukungan atas pembentukan forum wakaf produktif ini disampaikan pula oleh Dirut BNI Syariah Imam Saptono. Menurutnya, BNI Syariah mendukung segenap upaya untuk memajukan perwakafan di Indonesia.

Dukungan yang sama diutarakan oleh Deputi Direktur Bank Indonesia, Ascarya. Pasalnya, ketika krisis tahun 1997-1998, sektor ekonomi syariah mampu bertahan disaat sektor ekonomi konvesional bertumbangan. Wakaf adalah salah satu sektor ekonomi syariah.

“Maka kami sadar bahwa kita harus memperkuat sektor ekonomi syariah,” kata Ascarya. [SR]

Baca Juga

BNI Syariah Raih Dua Penghargaan GCG Award 2017

Jakarta (PIKIRANUMAT) – ​Majalah Economic Review bekerjasama dengan International Business School menyelenggarakan acara Indonesia Good …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *