Sabtu , 20 Januari 2018
Home / BERITA / Dini Hari, Aceh Kembali Gempa
Ilustrasi: Alat Pendeteksi Gempa.

Dini Hari, Aceh Kembali Gempa

Banda Aceh (PIKIRAN UMAT) – Provinsi Nangroe Aceh Darussalam kembali diguncang gempa dengan kekuatan 5,2 SR pada Senin (19/12) sekira pukul 02.24 WIB.

Menurut informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berada di 5.90 Lintang Utara LU – 93.52 Bujur Timur BT. Adapun pusat gempa berada 201 Km Barat Laut Kota Sabang dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa dengan kedalaman 10 km tersebut terasa kuat. Getarannya dirasakan masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada 7 Desember, gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada pukul 5.03.36 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 18 kilometer tenggara Sigli, Pidie dan 2 kilometer utara Meureudu, Pidie Jaya pada kedalaman 15 km.

Pusat gempa yang berada di daratan menjadikan gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami. Gempa juga terasa di kabupaten tetangga seperti Pidie, Bireuen, hingga sampai ke Banda Aceh, Langsa dan Pulau Simeulue .

Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sedikitnya 101 orang meninggal dunia akibat gempa ini. Sementara, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh menyatakan keadaan tanggap darurat provinsi untuk penanganan pascagempa di tiga kabupaten, yaitu Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen hingga 20 Desember. (HR/Antara)

Baca Juga

Marah Besar pada AS, Abbas: Sialan Uang Anda!

Ramallah (PIKIRANUMAT) – Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan Israel telah membunuh Kesepakatan Oslo. Dia …

One comment

  1. Semoga Allah melindungi kita semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *