Sabtu , 20 Januari 2018
Home / BERITA / Kebanjiran Warga Asing, Aparat Imigrasi DKI Kewalahan
Kanwil Kemenkumham DKI saat memberikan keterangan terkait warga negara asing.

Kebanjiran Warga Asing, Aparat Imigrasi DKI Kewalahan

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Meski telah menyiapkan jajarannya untuk mengantisipasi masuknya warga negara asing dan tenaga kerja asing ke Indonesia, namun, sumber daya manusia yang dimiliki pihak Imigrasi terbatas. Situasi itu melanda Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di DKI Jakarta.

“SDM terbatas. Di DKI, misalkan, baru 70 persen SDM yang siap dari yang kami harapkan. Posisi pejabat baru juga masih sangat terbatas karena moratorium pengadaan pegawai negeri sipil yang masih berjalan,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Endang Sudirman, dilansir viva, Rabu, (21/12).

Keterbatasan tersebut, menurutnya, menjadi salah satu tantangan besar, terutama untuk Imigrasi dalam mengawasi WNA di Indonesia. Meski keterbatasan personel sangat terlihat dan mengakibatkan tingkat pelanggaran WNA di Indonesia meningkat, pihaknya tetap akan memaksimalkan SDM yang ada.

Akhir-akhir ini, banyaknya WNA dan TKA Indonesia menjadi sorotan. Sebab, mereka dianggap memiliki ancaman tersendiri bagi warga negara Indonesia, terutama terkait ketersediaan lapangan kerja. Selain itu, masih banyak TKA dan WNA yang masuk melalui jalur ilegal. (HR)

Baca Juga

Marah Besar pada AS, Abbas: Sialan Uang Anda!

Ramallah (PIKIRANUMAT) – Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan Israel telah membunuh Kesepakatan Oslo. Dia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *