Selasa , 12 Desember 2017
Home / HEALTH / Empat Akibat Berbahaya Jika Sering Mengucek Mata
Ilustrasi: Mengucek Mata.

Empat Akibat Berbahaya Jika Sering Mengucek Mata

PIKIRAN UMAT – Mengucek mata adalah hal yang biasa dilakukan ketika kita bangun tidur atau merasa mengantuk. Kebiasaan ini bisa jadi membuat kita kembali nyaman dan rasa gatal pada mata pun hilang. Namun ternyata, mengucek mata dapat menimbulkan masalah kesehatan yang buruk bagi mata.

Dilansir hellosehat, berikut diantara efek buruk yang tak boleh diabaikan akibat terlalu sering mengucek mata:

Infeksi Mata

Salah satu alasan kenapa mengucek mata adalah kebiasaan yang kurang baik adalah karena tangan yang kita gunakan untuk mengucek, mungkin saja dipenuhi dengan bakteri dan parasit yang bisa menyebabkan mata infeksi.

Mata dilindungi dengan membran berlendir, yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mata setiap saat dan tempat yang sangat disukai bakteri serta parasit sebagai tempat tinggalnya. Ketika kita melakukan berbagai kegiatan, seperti memegang barang, berkontak dengan hewan atau orang lain, dan kemudian tidak mencuci tangan, bayangkan apa yang terjadi jika tangan yang tidak dicuci itu lalu digunakan untuk mengucek mata.

Kantung Mata Hitam

Banyak yang beranggapan bahwa kantung mata yang hitam disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Tetapi sebenarnya tidak hanya itu yang bisa menyebabkan kita memiliki kantung mata besar dan hitam. Kebiasaan mengucek mata juga dapat mengakibatkan kantung mata menjadi semakin hitam. Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan mengucek mata agar kantung mata tidak bertambah besar dan hitam.

Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit pada mata yang diakibatkan oleh rusaknya saraf mata, dan akan bertambah parah jika tidak segera ditangani. Kerusakan saraf mata ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada mata, yang bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata yang terlalu keras dan sering.

Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada awalnya tidak merasakan gejala atau tanda apapun. Sehingga, sering kali penderita datang dengan tingkat keparahan glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan kemampuan penglihatannya, atau bahkan buta.

Kornea Mata Berubah Bentuk

Keratoconus adalah gangguan yang terjadi pada kornea mata yang berubah bentuk. Normalnya, kornea berbentuk seperti kubah dan kadang-kadang berubah menjadi seperti bentuk bola. Namun pada penderita keratoconus, sel-sel kornea rusak kemudian tidak bisa menahan bentuknya dan berubah seperti bentuk kerucut karena kornea menonjol ke luar. Kondisi ini membuat penderitanya susah untuk melihat jika tidak menggunakan lensa atau kacamata. Keratoconus bisa diakibatkan karena kebiasaan mengucek mata yang sering.

Nah, jika mata terasa gatal, sebaiknya jangan menguceknya tapi pakailah obat tetes mata. Kita juga bisa menggunakan tisu basah atau handuk basah untuk mengusap daerah mata jika mata terasa gatal. (HR)

Baca Juga

Kena Wasir? Begini Cara Mengatasinya

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Tidak bisa dimungkiri, kebiasaan makan masyarakat semakin berubah. Semakin banyak orang memilih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *