Kakek dan Ayah, Dua Sosok Inspirasi Anies Menjalani Kehidupan

Bekasi (PIKIRAN UMAT)– Cagub Anies Baswedan telah dikenal sebagai Tokoh Pendidikan Nasional dan 500 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia. Pencapaiannya tersebut tidak terlepas dari dua sosok yang menjadi inspirasi kehidupannya, yaitu almarhum kakek dan ayahnya.

Hal ini disebutkannya dalam dialog interaktif di radio Elgangga 100.3 FM, Marga Jaya, Bekasi Selatan, Rabu (18/1/2017).

Abdurrahman Baswedan, kakek dari Anies adalah salah seorang pejuang kemerdekaan. seorang jurnalis dan diplomat yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Penerangan pada masa revolusi fisik. “Almarhum kakek saya menghibahkan seluruh hidupnya untuk kemerdekaan,” terang Anies.

Sedangkan ayahnya, Rasyid Baswedan, adalah salah seorang dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

“Almarhum ayah adalah pendidik di dalam dan di luar rumah. Beliau figur yang bekerja all out (sungguh-sungguh),” ujar Anies.

Mantan ketua Komite Etik KPK ini mengaku bersyukur bahwa melihat dari dekat sosok-sosok yang menginspirasinya dalam hidup.

“Bagi saya, inspirasi tidak datang bukan dari meditasi, melainkan dari interaksi. Kita kadang tidak melihat ada potensi inspirasi dari interaksi,” ujar Anies.

Karena itulah, Anies berikhtiar menjadikan interaksi antar warga Jakarta bagian dari pembangunan manusia. Penggagas program Indonesia Mengajar ini menyatakan akan menawarkan model kepemimpinan gerakan untuk melibatkan warga dalam berpartisipasi membangun Jakarta agar maju kotanya dan bahagia warganya. [FR]

Baca Juga

UMP DKI Sudah Tertinggi, Politisi PKS ini Minta Buruh Bersabar

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai telah optimal mempertimbangkan besaran kenaikan angka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *