Senin , 11 Desember 2017
Home / MUSLIMAH / Kepergok Anak Saat Berhubungan Suami Istri? Stay Cool dan Lakukan Ini

Kepergok Anak Saat Berhubungan Suami Istri? Stay Cool dan Lakukan Ini

PIKIRAN UMAT – Bermesraaan di depan anak memang dibolehkan. Dengan begitu, anak jadi tahu bentuk kasih sayang yang baik seperti apa. Hal tersebut juga akan memberikan dampak psikologi yang baik, selain ia menyaksikan kasih sayang antar-kedua orangtuanya, anak juga bisa memahami bagaimana memperlakukan pasangannya kelak.

Namun tentu saja, mesra di sini hanya sebatas membelai, mencium pipi, atau memeluk. Tapi, bukan berhubungan intim.

Lalu bagaimana ketika orang tua sedang berhubungan suami istri dan terpergok oleh anak? Tentu saja tidak perlu panik dan khawatir. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika kepergok anak saat berhubungan suami istri.

Upayakan untuk tidak panik

Ketika buah hati terbelalak dengan aktivitas yang orangtua lakukan, tetap santai dan jangan panik. Tutupi tubuh dan pasangan dengan selimut. Lemparkan senyuman manis kepada anak dan menganggap bahwa tidak ada yang salah dengan apa yang sedang orangtua lakukan.

Jika orangtua panik, anak akan menilai apa yang sedang dilakukan oleh orangtuanya sebagai sesuatu yang salah. Jadi tetap tenang dan tunggu reaksi anak.

Tunggu sejenak reaksi anak

Sebelum mempersiapkan alasan, perhatikan reaksi yang ditunjukkan oleh anak. Jangan sekali-sekali memberikan alasan yang tidak realistis. Jangan lupa, anak bisa berpikir dan lebih kritis dari pernyataan yang diajukan.

Alihkan perhatiannya

Aktivitas hubungan suami istri bisa terlihat begitu agresif bagi orang lain yang melihatnya, terutama anak-anak. Menurut psikolog anak, Hal Pickett, jika hal ini terjadi sebaiknya orangtua segera mengalihkan perhatian anak dengan sesuatu yang membuatnya senang.

Pilih aktivitas yang menyenangkan, seperti mengajaknya bermain di luar kamar atau menggelitik tubuhnya yang membuat ia senang.

Jelaskan mengapa kedua orangtuanya tidak berpakaian

Jika Anak bertanya lebih lanjut mengapa kedua orangtuanya tidak mengenakan sehelai benang pun, jawablah secara realistis. Orangtua bisa menjawab, ayah dan ibu sedang bersiap untuk mandi sehingga tidak memakai baju.

Beri penjelasan yang tepat jika anak beranjak remaja

Jika anak sudah cukup memahami mengenai seks, kemungkinannya sangat besar dia tahu apa yang sedang kedua orangtuanya lakukan. Tapi bukan berarti hal ini membuat suasana keluarga menjadi canggung.

Duduklah bersama dengan buah hati tercinta dan berikan penjelasan mengenai apa yang orangtua lakukan dengan bahasa sederhana.

Yang lebih penting, terutama jika memiliki anak yang beranjak besar, jangan lupa untuk mengunci kamar ketika akan melakukan hubungan suami istri.

Hal lain yang tak kalah penting jika orangtua kepergok anak saat berhubungan suami istri, jangan memarahi anak dengan alasan apapun. Jangan sampai hal ini mempengaruhi psikologis anak. (SF)

Baca Juga

Barbie Luncurkan Boneka Berkerudung Pertama

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Setelah 58 tahun jadi salah satu mainan anak perempuan terkemuka di dunia, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *