Selasa , 16 Januari 2018
Home / BERITA / Menyindir, Warganet Usulkan Nama Kapal Induk Baru China Udang Mantis
Kapal induk China yang baru dan belum diberi nama. Tetapi warganet, dengan nada menyidir mengusulkan supaya diberi nama "Udang Mantis".

Menyindir, Warganet Usulkan Nama Kapal Induk Baru China Udang Mantis

Beijing (PIKIRANUMAT) – Kapal induk terbaru China yang diluncurkan beberapa hari lalu mendapat respons publik di negara itu melalui media sosial. Para netizen membuat polling online untuk mengusulkan nama kapal induk tersebut dan suara tebanyak mengusulkan nama ”Phi Phi Shrimp” atau “Udang Mantis”.

Usulan nama via online itu muncul setelah publik marah dengan gambar manuver kapal induk terbaru itu yang ternyata hasil photoshop staf Kementerian Pertahanan China. Anehnya, gambar rekayasa itu dirilis di situs resmi Kementerian Pertahanan China.

Jajak pendapat online muncul di Iqiyi.com, sebuah situs video streaming yang populer di China. Dalam semalam, ada 540.000 suara warga yang mengusulkan nama kapal raksasa buatan dalam negeri tersebut dengan nama “Udang Mantis”.

Pada 28 April, sudah ada 890.000 suara, dan pada hari Kamis kemarin lebih dari 1,37 juta suara warga muncul untuk memberi usulan nama serupa. Nama terpopuler dari publik itu kemudian dijadikan materi meme untuk mengritik otoritas militer Beijing.

Kementerian Pertahanan China melalui juru bicaranya, Kolonel Yang Yujun, menegaskan bahwa nama “Udang Mantis” merupakan usulan dari netizen. Sedangkan secara resmi, kapal induk itu belum diberi nama.

”Seperti yang saya perhatikan, nama ‘Phi Phi Shrimp’ juga merupakan salah satu pilihan populer dalam pemungutan suara. Menurut peraturan militer China, nama kapal baru akan ditentukan saat diserahkan dan ditugaskan,” kata Yang.

Usulan nama dari netizen itu cenderung sebagai kritik ketimbang menjadi saran yang serius. Hal itu tak lepas dari kekesalan warga yang merasa “ditipu” dengan gambar manuver kapal induk dengan jet-jet tempur yang ternyata rekayasa.

”Untuk nama resmi, dengarkan partainya. Untuk julukannya, kita sebut saja Udang Mantis!,” bunyi salah satu komentar pengguna media sosial China yang dikutip South China Morning Post, Jumat (5/5/2017).

”Saya pikir kapal induk baru kita juga harus memiliki kualitas seperti itu, sehingga bisa melindungi kehormatan negara. Mungkin kementerian bisa menganggap Udang Mantis sebagai julukan kapal,” bunyi komentar netizen lainnya yang dilansir surat kabar People’s Daily. [SR/Sindonews.com]

Baca Juga

Marah Besar pada AS, Abbas: Sialan Uang Anda!

Ramallah (PIKIRANUMAT) – Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengatakan Israel telah membunuh Kesepakatan Oslo. Dia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *