Selasa , 12 Desember 2017
Home / HALAL / NTB Siapkan Diri Bangun Wisata Halal
Gubernur NTB TGH Zainul Majdi.

NTB Siapkan Diri Bangun Wisata Halal

Mataram (PIKIRANUMAT) – Pemerintan Provinsi Nusa Tenggara Barat menegaskan, sejak dua tahun lalu sudah mulai mendeklarasikan diri sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia.

Gubernur NTB TGH Zainul Majdi menekankan hal ini merupakan segmen baru yang digarap NTB sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia dan juga sebagai bentuk upaya membentuk branding dalam pariwisata NTB.

“Saya menilai yang tidak kalah penting dilakukan, bagaimana halal tourism pada akhirnya bisa memberi pengalaman spiritual. Para pelancong, yang berwisata di Lombok, di Bumi Seribu Mesjid dapat merasakan seribu nikmat seperti orang yang tarawih di Masjidil Haram dan Nabawi,” ujar Majdi dihadapan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada saat Peluncuran Pesona Khazanah Ramadhan seperti dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Kamis (4/5/2017), dikutip Bisnis.com.

Untuk itu dalam Pesona Khazanah Ramadhan di Bumi Seribu Mesjid tahun ini, Majdi akan mengundang empat iman besar dari Suriah, Libanon, Maroko, Mesir. Menurutnya, hal ini akan menghadirkan suasana yang beda. Sehingga nuansa Ramadhan akan betul-betul dirasakan.

Majdi menegaskan bahwa NTB tidak akan meninggalkan segmen pariwisata konvensional. Pasalnya, dua hal tersebut akan saling melengkapi sebagai satu kesatuan pariwisata NTB.

“Segmen yang konvensional tetap berjalan, kemudian kita ciptakan segmen baru halal tourism,” papar Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang atau TGB ini.

Selama ini, lanjut TGB, upaya untuk mengembangkan wisata halal dengan berbagai fasilitas pendukung terus dikembangkannya antara lain dengan melakukan sertifikasi hotel dan restoran, serta produk konsumtif berupa makanan dan minuman.

Selain itu, pramuwisata juga akan dibekali wawasan keislaman yang utuh dan juga NTB akan memperbanyak para pramuwisata yang fasih berbahasa Arab dan bahasa asing lainnya.

“Destinasi kita benahi agar turis muslim lebih nyaman. Kalau kita selama ini sudah lakukan langkah itu maka tidak boleh berhenti di situ, harus ada upaya kreatif tegasnya,” ungkapnya.

TGB secara khusus berharap dengan adanya Pesona Khazanah Ramadhan ini seluruh aktivitas ekonomi di NTB khususnya Kota Mataram dapat bergerak lebih cepat sehingga berdampak langsung pada masyarakat. []

Baca Juga

Indonesia Halal Expo 2017 akan Digelar 16-18 November di Jakarta

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) kembali akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *