Sabtu , 23 September 2017
Home / HEALTH / Ini Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Sahur dan Berbuka
Buka Bersama di Masjid Nabawi, Madinah.

Ini Jenis Makanan yang Direkomendasikan untuk Sahur dan Berbuka

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Selama menjalankan ibadah puasa, sangat penting untuk memperhatikan  makanan yang dikonsumsi agar memberikan energi maksimal bagi tubuh.

“Bagus bila mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik. Sahur dan buka harus seimbang, seperti  makan sayur, sereal, daging, produk susu dan buah,” kata ahli diet klinis Rumah Sakit Burjeel Abu  Dhabi, Rahma Ali, seperti dikutip dari laman Khaleej Times.

Untuk sahur, ujarnya, konsumsilah makanan yang membuat Anda terhidrasi dan memberikan cukup  energi. Berikut anjurannya:

Makanan kaya protein
Telur tinggi protein dan sangat bergizi. Telur membantu tetap kenyang dan dapat dikreasikan menjadi  berbagai makanan.

Makanan kaya serat
Makanan seperti oat, membantu mengubah serat yang larut dalam air menjadi gel di perut sehingga  memperlambat pencernaan. Makanan seperti itu juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan  gula darah sehingga tubuh tetap berenergi selama berpuasa.

Kalsium dan vitamin
Smoothie yoghurt atau susu vanila membatu perut kenyang dan tubuh terhidrasi sepanjang hari.

Saat sahur, ujarnya, hindari makanan-makanan ini.

Karbohidrat olahan
Makanan yang hanya tahan 3-4 jam dan tidak cukup bergizi, seperti gula, tepung, pastry dan donat.

Makanan asin
Makanan asin menyebabkan kadar sodium di tubuh tidak seimbang sehingga menimbulkan haus.  Sebaiknya hindari kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung kecap.

Kafein
Kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan insomnia dan tidak membuat tubuh terhidrasi.  Akibatnya, Anda akan merasa haus saat puasa.

Sementara, untuk berbuka puasa ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung  sodium dan potasium, yang hilang saat berpuasa.

Buah
Kurma adalah salah satu pilihan terbaik untuk berbuka karena membantu tubuh terhidrasi cepat  sekaligus eneergi untuk merasa segar setelah berpuasa.

Air
Minum sebanyak mungkin air putih atau jus buah antara berbuka dan sebelum tidur untuk  menghindari dehidrasi.

Kacang
Kacang almon, misalnya, yang mengandung lemak baik yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Selain  itu, kacang menjaga perut kenyang tanpa keinginan untuk makan berlebihan.

Sayur
Timun, selada dan sayuran berserat tinggi lainnya bagus untuk tubuh saat berbuka. Tidak hanya  menghilangkan haus, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari sembelit.

Ali pun menyarankan tidak mengonsumsi makanan di bawah ini saat berbuka.

Minuman berkarbornasi
Minuman seperti itu, misalnya yang mengandung soda, sebaiknya dihindari saat berbuka. Perbanyak  air putih atau air kelapa untuk menghilangkan dahaga.

Makanan dengan gula tinggi
Makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen dan cokelat sebaiknya dihindari karena  dapat menaikkan berat badan bila dikonsumsi setiap hari.

Gorengan
Meskipun enak, sebaiknya kurangi gorengan selama Ramadhan demi kesehatan. [FR/ANTARA]

Baca Juga

YLKI: Waspadai Makanan Mi Kuning Mengandung Formalin

Medan (SI Online) – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Sumatera Utara minta kepada masyarakat agar mewaspadai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *