Senin , 11 Desember 2017
Home / EKONOMI SYARIAH / Selamatkan Pengusaha Muslim dari Jerat Riba, Pikulbareng.com Diluncurkan
Peluncuran Pikulbareng.com di Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017

Selamatkan Pengusaha Muslim dari Jerat Riba, Pikulbareng.com Diluncurkan

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Indonesia darurat riba. Tidak mudah bagi pengusaha di Indonesia, terutama pengusaha Muslim, untuk terhindar dari dari jeratan riba melalui dunia perbankan untuk membiayai usaha yang mereka lakukan.

“Sistem yang ada sekarang ini tidak berpihak kepada kita dan kaum Muslimin,” ungkap pengusaha muda asal Bekasi, Aput Dahlan, saat soft launching Pikulbareng.com di Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2017.

Aput mencontohkan, kepada pengusaha-pengusaha Muslim, perbankan memberikan pinjaman dengan margin yang diberikan sampai 15 persen per tahun berdasarkan skema pembiayaan yang mereka tawarkan. Sementara kepada kelompok pengusaha lainnya, perbankan memberikan kredit dengan buga 6-9 persen saja. “Dari sisi ini sudah kekalahan telak buat kami pelaku bisnis,” tandasnya.

Kondisi seperti ini, kata Apud, tetu tidak boleh dibiarkan. Harus ada upaya atau terobosan baru untuk menghimpun dana masyarakat yang akan digunakan dalam pembiayaan usaha oleh para pengusaha Muslim. “Harus ada solusi untuk kebangkitan ekonomi umat,” imbuhnya.

Karena itu bersama dengan dua audaranya, A Subekri dan DR Suroso, Aput menginisiasi lahirnya sebuah crowdfunding (urun dana) yang diberi nama pikulbareng.com. Crowdfunding ini akan dikelola berdasarkan prinsip-prinsip syariah dalam akad-akadnya, baik akad dengan pemilik dana (sahibul maal) maupun dengan pengusaha.

Pikulbareng.com disiapkan untuk membiayai berbagai jenis usaha yang dilakukan oleh para pegusaha Muslim sesuai dengan kritera dan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

“Dengan konsep syariah jauh lebih menguntungkan, baik bagi pelaku bisnis maupun investor,” ungkap Aput.

Aput mengatakan, sejumlah pihak sangat antusias atas lahirnya crowdfunding ini. Mereka siap untuk menginvestasikan dananya melalui Pikulbareng.com. “Padahal ini masih pendekatan personal, belum kita umumkan ke publik,” tambahnya.

Saat ini Pikulbareng.com sedang menyelesaikan proses legalisasi dan perizinan badan. Termasuk juga berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk operasionalnya.

Bukan hanya bisnis, Pikulbareng.com juga akan memiliki lini sosial, dakwah dan kemanusiaan. Sehingga fungsi crowfunding ini dibagi menjadi dua, yakni pikul bisnis dan pikul donasi.

“Pikulbareng adalah solusi bagi kemandirian ekonomi dan berdikari (Berdiri di atas kaki sendiri) umat Islam agar menjadi umat yang memberikan rahmat bagi semesta alam, rahmatan lil ‘alamin dan baldatun thoyyiban wa rabbun ghoffur,” pungkasnya.

Red: shodiq ramadhan

Baca Juga

ZIS Indosat Kerja Sama dengan Rumah Wakaf Kelola Wakaf Produktif

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Tahun 2017 telah berjalan pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Sedekah dari karyawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *