Selasa , 12 Desember 2017
Home / EKONOMI SYARIAH / BAZNAS dan BRI Syariah Kampanye Zakat Inklusif

BAZNAS dan BRI Syariah Kampanye Zakat Inklusif

Pontianak (PIKIRANUMAT) – Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan dan pelayanan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BRI Syariah (BRIS) meluncurkan gerakan Zakat Inclusion melalui jaringan agen laku pandai.

“Pengembangan financial inclusion atau keuangan inklusif di Indonesia, perlu terus didorong lebih kuat untuk mengangkat harkat masyarakat miskin di desa-desa. Sebab, kaum dhuafa yang tidak dapat mengakses lembaga keuangan, menjadi hambatan bagi peningkatan ekonomi keluarga miskin,” ujar anggota BAZNAS drh. Hj. Emmy Hamidiyah, M.Si, dalam acara peluncuran “Jaringan Agen Laku Pandai” di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (26/10/2017).

Turut hadir dalam acara tersebut pengurus BAZNAS Provinsi Kalbar, pengurus BAZNAS Kota Pontianak dan perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Emmy menjelaskan, dalam kegiatan ini, BAZNAS-BRIS menggelar sosialisasi dan pelatihan agen laku pandai untuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masjid. Aktivitas tersebut digelar bersamaan dengan peluncuran Smart Pontianak’s Zakat (SPZ).

Menurut Emmy, yang menjadi agen laku pandai BAZNAS-BRIS adalah UPZ yang eksis di masjid-masjid se-Kota Pontianak.

“Zakat sebagai bagian dari Arsitektur Keuangan Syariah Indonesia, perlu melakukan program inklusif bagi sebanyak mungkin lapisan masyarakat. Hal ini agar tujuan zakat memoderasi kesenjangan sosial, memberdayakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan bisa lekas tercapai,” ucapnya. [MSR]

Baca Juga

ZIS Indosat Kerja Sama dengan Rumah Wakaf Kelola Wakaf Produktif

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Tahun 2017 telah berjalan pengelolaan dana Zakat, Infaq dan Sedekah dari karyawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *