Selasa , 12 Desember 2017
Home / BERITA / Kehilangan Rp30 Milyar dari Alexis, Anies: Nggak Berkah Itu
Anies-Sandi

Kehilangan Rp30 Milyar dari Alexis, Anies: Nggak Berkah Itu

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Penolakan perpanjangan izin usaha Hotel dan Griya Sehat Alexis berdampak
pada hilangnya pendapatan pajak yang diterima Pemprov DKI dari perusahaan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mempermasalahkan hal tersebut.

“Kami ingin uang halal. Kami ingin dari kerja halal. Enggak berkah itu,” kata Anies di Gedung Balai Kota DKI  Jakarta, Selasa (31/10) malam.

Sebelumnya, manajemen Hotel Alexis mengaku selalu taat membayar pajak. Besar pajak yang mereka  bayarkan per tahun mencapai Rp30 miliar. Angka itu diperoleh dari akumulasi seluruh unit usaha yang ada  di Hotel Alexis, termasuk restoran, griya pijat, hingga spa.

“Sudah include semuanya, kalau pajaknya sebesar itu bisa dibayangkan berapa omzetnya,” kata Staf Legal
dan Juru Bicara Alexis Group, Lina Novita, saat jumpa pers Hotel Alexis, Selasa (31/10).

Anies Baswedan mengatakan, uang sebesar itu tak ada artinya dengan kerugian yang dialami masyarakat Ibu Kota.

Lagi pula, Gubernur berargumentasi, bukan pemikiran yang benar jika membiarkan Alexis terus melanggar dengan alasan bahwa Pemerintah Provinsi mendapatkan kompensasi uang yang besar.

“Akal sehat, nih; apakah karena pemasukan yang banyak, (lalu) pelanggaran dibiarkan; apakah negeri ini mau diatur dengan pemasukan,” Anies menjawab pertanyaan wartawan ketika ditemui di Balai Kota Jakarta pada Rabu, 1 November 2017.

Dia menegaskan, peraturan wajib ditegakkan, tidak boleh ditoleransi meski atas dasar pendapatan dari pajak. Jika pemerintah tunduk pada pendapat, hukum tak akan pernah tegak dan artinya pula semua orang akan melanggar. “Kalau menegakkan peraturan dengan pemasukan, ongkosnya mahal,” ujarnya

Pemerintah Provinsi menghentikan bisnis Hotel Alexis, Anies mengklaim, justru demi menyelamatkan masyarakat. Nilainya jauh daripada sekadar uang pendapatan dari pajak Alexis. “Jadi,” kata Gubernur, “saya menyelamatkan yang tak ternilai; harga diri, nilai sebuah ketertiban.” [MS/ROL]

Baca Juga

Respon Kondisi Terkini, Dubes Saudi Silaturahim dengan Pimpinan Ormas Islam

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *