Baitul Mal Aceh Bantu 150 Penderita Kanker dan Thalasemia

Banda Aceh (PIKIRANUMAT) – Sebanyak 150 pasien Penderita Kanker, Thalasemia dan penyakit kronis lainnya dari keluarga miskin mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Aceh. Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp500 ribu per bulan sampai sembuh.

Bantuan ini sudah mulai disalurkan kepada mustahik melalui rekening masing-masing. Hal itu ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani di depan kantor Baitul Mal Aceh, Senin (28/05/2018).

“Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian pemerintah Aceh kepada pasien yang berasal dari keluarga miskin, dan diberikan sampai pasien sembuh dari penyakitnya,” ujar Zamzami Abdulrani yang didampingi Kepala Sekretariat Muhammad Iswanto.

Zamzami menjelaskan, memang bantuan ini tidak begitu besar, setidaknya sudah membantu mengurangi beban pasien selama pengobatan di rumah sakit seperti untuk biaya makan dan biaya perjalanan yang selalu mereka butuhkan.

Zamzami berharap dengan adanya bantuan ini para pasien Penderita Kanker, Thalasemia dan penyakit kronis lainnya dari Keluarga Miskin bisa memanfaatkan sebaik mungkin. Zamzami juga berpesan agar orang tua pasien sabar dan mematuhi anjuran dokter selama pengobatan berlangsung.

“Penerima bantuan berasal dari masyarakat seluruh Aceh. Jadi, mereka yang menderita penyakit tersebut terus kita data untuk kita bantu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto mengatakan, program ini merupakan program rutin Baitul Mal Aceh sejak tiga tahun terakhir.

Setiap tahun penerima bantuan jenis ini terus bertambah. Pada tahun pertama 2016 berjumlah 50 orang, tahun kedua bertambah menjadi 100 orang, dan tahun ketiga 2018 sebanyak 150 orang.

“Seperti biasa, setiap program dan bantuan yang diberikan Baitul Mal Aceh sudah melalui proses verifikasi. Setiap data yang masuk, tim amil akan turun langsung ke kabupaten/kota untuk memastikan apakah pasien dari keluarga miskin atau bukan,” jelas Muhammad Iswanto.

Pada penyerahan secara simbolis juga dihadiri pengelola Children Cancer Care Community (C-Four) Aceh, Ratna Eliza dan Pendiri Blood For Life Foundation (BFLF) Michael Octaviano. Dalam sambutan singkatnya Ratna Eliza berterima kasih sudah membantu para pasien Penderita Kanker, Thalassemia dan penyakit kronis lainnya dari Keluarga Miskin.

Menurutnya kebanyakan pasien penyakit tersebut dari dari keluarga kurang mampu. Mereka pasrah dengan keadaan karena tidak punya biaya. Maka dengan adanya bantuan dari Baitul Mal Aceh, anak-anak yang ada di seluruh Aceh mendapatkan uluran tangan.

“Ada harapan mereka untuk sembuh, mereka menggantungkan harapan tersebut kepada kita, “ ungkap perempuan asal Palembang tersebut. [MS]

BACA JUGA!

Diminta Djarot Jangan Lama-lama Jomblo, Ini Jawaban Telak Anies

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *