Berdayakan Ekonomi Umat, PINBAS MUI Teken MoU dengan KEK

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Untuk mewujudkan kedaulatan pangan sekaligus pemberdayaan ekonomi umat, Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (Pinbas MUI) meneken nota kesepahaman dengan Konsorsium Ekonomi Kerakyatan (KEK).

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Direktur PINBAS MUI Azrul Tanjung dan Direktur Konsorsium Ekonomi Kerakyatan (KEK) Dian Anggraini.

Direktur PINBAS MUI, Azrul Tanjung mengungkapkan, kerjasama yang dilakukan pihaknya adalah dalam penyediaan bahan pangan dengan harga terjangkau, pengembangan kemitraan usaha yang saling membutuhkan, serta saling memperkuat gerakan pemberdayaan ekonomi umat dari hulu sampai hilir.

Azrul mengatakan KEK telah memiliki kinerja yang baik dalam lima tahun terakhir dengan membangun model jejaring distribusi sembako murah untuk puluhan ribu warung kelontong di beberapa provinsi di Indonesia.

Azrul mengatakan Pinbas MUI dan KEK melalui nota kesepahaman akan membangun sistem distribusi bahan pokok kebutuhan sehari-hari secara langsung ke unit terkecil masyarakat.

“Tujuannya, yaitu mendorong pemberdayaan masyarakat kecil dengan memotong panjangnya rantai distribusi sehingga mewujudkan peningkatkan kemampuan mengakses kebutuhan pokok dengan harga terjangkau secara berkelanjutan,” kata Azrul usai penandatanganan Nota Kesepahaman dengan KEK di Kantor MUI Pusat, Jl Proklamasi, Jakarta, Jumat sore 24 Mei 219.

Azrul mengatakan, ketersediaan pasokan kebutuhan dengan harga terjangkau dan akses yang mudah di masyarakat tentu mendorong pemberdayaan penguatan kemandirian ekonomi masyarakat.

Ketika masyarakat menjadi produsen berskala kecil, lanjut dia, maka sistem distribusi akan membuat harga bahan baku terjangkau sehingga terjadi peningkatan kemampuan berproduksi dan peningkatan daya beli.

“Hal ini selaras dengan visi ekonomi kerakyatan yang mementingkan keberpihakan serta pemberdayaan kepada produsen kecil dan konsumen kecil,” kata dia.

Menurut Azrul, visi, misi, dan kiprah KEK selama ini selaras dengan program PINBAS MUI yang menjadi tempat inkubasi peserta (tenant), berupa usaha mikro kecil, menengah, dan koperasi.

“Program kemitraan Pinbas MUI dan KEK ini juga sangat selaras dengan amanat dari Kongres Ekonomi Umat yang telah diselenggarakan MUI pada 22-24 April 2017 lalu di Jakarta,” katanya. [MS]

BACA JUGA!

YBM PLN Resmikan Masjid Cahaya di Kepulauan Mentawai

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – YBM PLN meresmikan Masjid Cahaya di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Masjid …