Minggu , 23 September 2018
Ilustrasi:Tes Pembuatan SIM

Berikut Biaya dan Materi Tes Psikologi SIM yang Diuji Coba Mulai Senin Depan

Jakarta (Pikiran Umat) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan mulai mengujicobakan pelaksanaan tes psikologi Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Senin (25/6/2018).

Namun sebelum uji coba, kemarin sudah dilaksanakan simulasi di Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta Barat. Simulasi tersebut tanpa melibatkan masyarakat. Namun, sejumlah pihak termasuk anggota Lantas dan ahli psikolog terlihat di Kantor Satpas SIM Daan Mogot.

Pada pelaksanaannya nanti, tes psikologi ditempatkan terpisah dari gedung utama dengan jarak sekitar 20 meter. Kepala Satpas SIM Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk mengetahui secara detail terkait tes psikologi, mulai materi soal, waktu pengerjaan, hingga caranya.

“Hari ini (Kamis, 21 Juni) kita melaksanakan simulasi cek persiapan sarana dan prasarananya, termasuk SDM dari jajaran lembaga psikologi,” ujar Fahri dilansir Sindonews, Jumat (22/6/2018). Termasuk juga, lanjutnya, sistem komputerisasi yang digunakan untuk menilai tes.

Fahri mengakui, pihaknya masih berkoordinasi dengan lembaga psikologi. Alasan itulah yang kemudian menjadikan simulasi ini belum melibatkan masyarakat lantaran menunggu kesiapan lembaga psikologi. Meski demikian, Fahri memastikan, tes psikologi rencananya akan di ujicobakan pada Senin (25/6/2018).

Tes psikologi ini nantinya diberlakukan terhadap semua calon pembuat SIM. Tes ini untuk mengetahui emosional calon pembuat SIM. Oleh sebab itu, penilaiannya nanti akan diisi dengan beberapa aspek, seperti kesehatan rohani dan jasmani.

“Misal bagaimana sesuaikan diri seseorang tersebut, bagaimana ketahanan kerjanya, bagaimana cara adaptasi terhadap lingkungan, serta kecermatannya, kecerdasan, dan kemampuan konsentrasinya,” papar Fahri.

Sementara itu, Psikolog Adi Sasongko mengatakan, akan ada pembedaan materi untuk pemohon SIM baru dengan perpanjangan. Untuk pemohon SIM baru akan mengerjakan 24 materi soal. Sementara pemohon perpanjangan SIM hanya mengisi 18 materi soal.

“Waktunya, kita mendesain satu soal selama 30 detik, sehingga 12 menit seharusnya bisa terselesaikan. Namun, kita kasih toleransi 3 menit sehingga totalnya 15 menit,” ungkap Adi yang ikut dalam simulasi.

Mengenai besaran biaya tes psikologi ini, Adi mengatakan, pihaknya mematok harga sebesar Rp35.000. Dengan demikian, biaya pemohonan SIM akan bertambah dari Rp145.000 untuk SIM A, menjadi Rp175.000. Sementara untuk SIM C dari Rp125.000 menjadi Rp155.000. (NP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *