Deretan para artis yang turut membagikan paket sembako oleh Komutitas Paytren.

Bersama Sejumlah Artis, Komuitas Paytren Berbagi Sembako

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah menyampaikan sebuah ucapan yang sangat indah sarat makna, “Senyummu di hadapan saudaramu adalah shodaqoh.”

Senyum tulus seseorang kepada orang lain yang memancarkan rasa persahabatan, rasa persaudaraan, yang mengalirkan nilai-nilai positif pada semua orang, pada tiap perjumpaan. Senyum yang bermakna ingin berbagi kebahagian, menjalin kehangatan, dan membangun kepercayaan. Banyak hubungan yang hangat tercipta bermula dari sebuah senyuman.

Hal ini pulalah yang menginspirasi Paytren, perusahaan microfinance yang berbasis jejaring (multilevel marketing/MLM) pimpinan ustadz Yusuf Mansyur (UYM), untuk berbagi kebahagian kepada para dhuafa masyarakat kurang mampu, dalam sebuah kegiatan bertajuk “Gerakan Berbagi Senyum Lebaran”, siang kemarin (17/06) di Jakarta.

Kegiatan yang dipusatkan di daerah Pejompongan, Jakarta Pusat ini, dilaksanakan dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai banjir kanal barat (BKB) dan pinggir rel kereta. Ada 500 paket sembako dan 500 nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh koordinator acara ini, Selvia Ekangesti, acara ini ditujukan untuk menggugah masyarakat, pemerintah, dan khususnya kepada komunitas Paytren untuk perduli dengan sesama, terutama bagi mereka yang masih tinggal dibantaran kali dan rel, dengan kondisi tempat tinggal yang memperihatinkan dan masih jauh dari kata huni, berdinding dan beratap seng dan terpal, serta beralas tikar dan karpet plastik dengan kondisi ekonomi dibawah garis kemiskinan.

“Tujuan pembagian sembako sudah sesuai apa yang kita gaungkan supaya berbagi kebahagian dan senyum. Ternyata di Jakarta masih ada yang tinggal di bantaran kali dan rel, mereka tertinggal jauh, makanya kita berbagi,” tutur Selvia.

Acara yang digelar sejak pukul 14.00 Wib ini mendapat perhatian masyarakat. Karena selain telah diagendakan, dan terlihat kehadiran awak media, juga tampak beberapa orang artis turut hadir disana.

Seperti disampaikan Selvia, dalam acara ini, Paytren juga menggandeng beberapa artis untuk ikut meramaikan acara ini. Elma Theana, Rency Milano, Fairus Al Rafiq, Dewinta Bahar, Zaskia Sungkar, Amel dan Endy ikut bergabung membagikan paket sembako dan menyalami masyarakat.

Pantauan pikiranumat.com dilapangan, tampak antrian warga untuk mendapatkan paket sembako mengular. Mereka tak memperdulikan lagi panas yang begitu menyengat di siang itu. Antusias warga ini juga dibarengi semangat para artis tersebut bertemu warga dibawah sengatan matahari.

Tidak sampai 1 jam, 500 paket sembako yang berisi satu liter minyak goreng, 1 kg gula pasir dan satu botol sirup, serta 500 nasi bungkus ludes ditukar dengan kupon yang telah dibagikan oleh panitia sebelumnya. Namun, masih banyak warga yang ikut dalam antrian tersebut yang tidak kebagian, dan terpaksa mereka membubarkan diri dengan senyum kecut.

Di akhir acara, Selvia menyampaikan kepada wartawan, bahwa acara Gerakan Berbagi Senyum Lebaran ini juga dilangsungkan serentak di beberapa tempat selain di Pejompongan, yakni di Tangerang dan Serang.

Dengan diadakannya acara ini, Selvia berharap, warga yang hidup kekurangan seperti bantaran kali dan pinggir lebih diperhatikan lagi, terutama oleh pemerintah, masyarakat yang mampu, khususnya komunitas Paytren. Agar kedepannya, tidak ada lagi orang yang hidup dalam serba kekurangan, apalagi mereka yang tinggal Jakarta.

“Harapannya ini untuk menggugah perasaan kita bahwa masih banyak masyarakat di Jakarta yang masih tertinggal. Dan agar teman-teman komunitas Paytren lebih peduli lagi,” pungkas Selvia. [Nadim]

BACA JUGA!

BAZNAS Raih Penghargaan GIFA Award 2018

Jakarta (Pikiran Umat) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih penghargaan internasional Global Islamic Financial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *