Senin , 20 Agustus 2018
Ilustrasi: Memarahi Anak yang tidak Perlu.

Bukan dengan Dimarahi, Cara Ini Efektif Hadapi Anak yang Susah Dinasihati

image_pdfimage_print

PIKIRAN UMAT – Terkadang habis juga kesabaran orangtua menghadapi anak yang sulit dinasihati. Terutama pada anak usia remaja. Pulang sekolah, bukan langsung pulang, malah keluyuran bahkan nongkrong bersama teman-teman sebaya untuk hal-hal yang tidak ada manfaatnya.

Ketika dinasihati, ada saja alasannya. Kalau sudah mentok, orangtua sering mengomel dan melarang anak pergi main.

Benarkah memarahi dan melarang anak bermain bersama teman-temannya efektif menjadikan anak menjadi penurut dan mengikuti nasihat orangtua? Atau jangan-jangan malah sebaliknya, anak merasa terkekang kemudian berontak dan malah menjadi-jadi?

Sebenarnya, orangtua tidak perlu gusar yang berujung marah-marah atau mengekang anak dengan melarangnya bermain bersama teman-temannya. Kuncinya, orangtua hanya butuh cara menyiasati agar anak betah di rumah.

Daripada anak main keluar bersama teman-temannya, lebih baik minta pada anak agar mengajak teman-temannya main di rumah saja. Dengan bermain di rumah, orangtua akan terbebas dari rasa khawatir kalau-kalau anak melakukan hal-hal negatif di luar rumah.

Jangan lupa dekati juga teman-teman anak. Jadilah orangtua yang friendly, sehingga teman sepermainan anak merasa nyaman bermain di rumah kita.

Jangan jadi orangtua kudet (kurang update). Cari tahu perkembangan apa yang sedang tred di kalangan remaja. Dengan begitu, jika trend tersebut dirasa jauh dari tuntunan syariat, sebagai orangtua, kita bisa memberi masukan dan pengarahan hal-hal apa saja yang boleh dikuti maupun yang tidak.

Tak ada salahnya juga sesekali menyediakan makanan untuk anak dan teman-temannya saat bermain di rumah. Selain makanan anak terjamin kehalalan dan kesehatannya, teman-temannya juga merasa dihargai keberadaannya.

Terakhir yang tak kalah penting, berkenlanlah dengan orangtua anak-anak kita. Selain menambah teman dan jalinan silaturrahiim, para orangtua juga bisa saling menjaga anak-anak saat bermain bersama. (HR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *