Gempa 6,5 SR Guncang Aceh, Ini Penyebabnya

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah Aceh Rabu pagi (07/12). Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi pukul 05.03 WIB berdampak guncangan kuat di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

“Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi terdampak gempa berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser,” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2016).

Riyadi menyatakan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan peta tataan tektonik Aceh, tampak bahwa di zona gempa memang terdapat struktur sesar mendatar.

“Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault). Dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pembangkit gempa ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut,” ujar Riyadi.

Hasil monitoring menunjukkan hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi gempa susulan sebanyak lima kali.

“Tren kekuatan gempa susulan semakin kecil, sehingga masyarakat diimbau agar tetap tenang tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucap Riyadi. [FR/Liputan6.com]

BACA JUGA!

Dubes Saudi Puji Reuni Akbar 212, Sekjen PBNU Meriang

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan protes keras terhadap Duta Besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *