Ini Waktu Terbaik Timbang Berat Badan Menurut Para Ahli

Pikiran Umat – Lebaran telah usai, begitu juga liburan. Khususnya bagi sebagian besar kita yang berkerja. Tentu kita tidak ingin kan, Lebaran menjadikan badan kita menjadi ‘Lebaran” (baca: tambah lebar) disebabkan terlalu asyiknya kita menyantap beragam makanan khas Idul Fitri bersama keluarga.

Memiliki tubuh yang sehat dengan berat badan ideal adalah keinginan setiap orang, termasuk kita. Maka tidak heran jika kita sebisa mungkin menjaga berat badan agar tetap ideal usai Lebaran ini, salah satunya dengan setiap saat menimbang berat badan di atas timbangan.

Hal ini dimaksudkan agar berat badan selalu terkontrol dan tidak berlebihan. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa menimbang setiap waktu secara acak justru tidak bisa memberikan hasil yang akurat.

Berdasarkan data National Weight Control Regustry, 75 persen orang yang sukses menurunkan berat badan akan menimbang secara konsisten. Sebab, menurut para ilmuwan, timbangan akan memberikan hasil yang akurat hanya jika dilakukan pada waktu yang sama setiap harinya.

Sementara berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Dietetics, para peneliti menemukan bahwa mereka yang berhasil menurunkan berat badan tidak akan mengalami kegemukan kembali jika menimbang secara reguler.

Dilansir Reader’s Digest, ada cara yang tepat untuk menimbang berat badan. Diantaranya adalah mengikuti saran dari salah seorang dokter ahli untuk membuat jadwal rutin menimbang. Pilih satu waktu dalam satu hari dimana kita bisa menimbang di waktu tersebut secara reguler.

“Ini akan membantu memantau berat badan secara konsisten, sehingga bisa dijadikan informasi dasar pengambilan keputusan terhadap kesehatan seseorang,” kata direktur medis dari University of Colorado Anschutz Health and Wellness Center, Holly Wyatt, MD.

Lalu kapan waktu terbaik untuk menimbang? Menurut para ahli, menimbang sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Tepatnya sebelum sarapan saat perut masih kosong dan sebelum beraktivitas. Ini akan membantu mengetahui seberapa banyak asupan yang masuk ke dalam tubuh dalam satu hari

Selain itu, pastikan posisi timbangan berada di atas permukaan yang datar. Jangan menimbang di atas karpet atau permukaan yang tidak keras karena dapat mempengaruhi angka pada timbangan.

Selamat menimbang dan tetap berupaya mengendalikan berat badan ya. Sebab, berat badan yang ideal tak sekadar menjadikan kita tampil maksimal, tapi juga menjadi salah satu parameter kualitas kesehatan tubuh kita. (MS)

BACA JUGA!

Ternyata, Mengikat Rambut Anak Kecil Bisa Rusak Saraf Otak

Pikiran Umat – Ternyata, mengikat atau menguncir rambut pada anak memiliki dampak buruk pada kesehatannya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *