UNESCO menetapkan Kompleks Masjidil Aqsha di Yerussalem sebagai milik umat Islam.

Israel Cabut Larangan Visa bagi Wisatawan Indonesia

Jakarta (PIKIRANUMAT) – Kementerian Luar Negeri Israel mencabut larangan visa bagi wisatawan asal Indonesia menyusul eskalasi konflik diplomasi antara kedua negara. Seperti diwartakan The Times of Israel, kebijakan tersebut diambil setelah Indonesia juga sepakat mencabut moratorium visa bagi penduduk Israel.

Ketegangan diplomasi antara kedua negara memuncak di tengah pembantaian terhadap 110 warga Palestina di perbatasan Gaza. Indonesia dikabarkan secara simbolik menolak permohonan visa 55 warga Israel dan menerapkan moratorium visa.

Israel lalu mengambil tindakan balasan berupa larangan masuk bagi turis Indonesia ke wilayahnya, termasuk Yerusalem. Hal ini sempat memicu protes dari pengusaha pariwisata lokal yang mengendus kerugian.

Tahun lalu sebanyak 36.000 wisatawan Indonesia menyambangi Yerusalem. Angka kunjungan turis Indonesia yang mengalami lonjakan sebesar 60% dari tahun sebelumnya itu tercatat setara dengan jumlah wisatawan asal Belgia dan Skandinavia.

Meski tidak memiliki hubungan diplomatik, Indonesia dan Israel tetap menjalin kontak lewat mediator asing seperti Singapura. The Jerusalem Post melaporkan, Israel mengekspor barang senilai US$ 121 juta ke Indonesia. Sebaliknya Indonesia menjual komoditas senilai US$ 43 juta ke Israel.

Sejak 2016 Perdana Menteri Benjamin Netanyahu memulai misi diplomasi menormalisasi hubungan dengan Indonesia. Saat itu ia sempat mengundang perwakilan media dari tanah air. “Saya harap akan ada perubahan di Indonesia,” ucapnya kala itu. []

Baca Juga

Zionis Israel Bangun Tembok Baru di Sepanjang Perbatasan Gaza

Yerussalem (PIKIRAN UMAT) – Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, telah menyetujui anggaran sebesar USD870 juta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *