Kemenag Ajak Youtuber Jadi Petugas Haji

Jakarta (Pikiran Umat) – Sungguh unik dan terbilang kekinian cara yang ditempuh Kementerian Agama Republik Indonesia dalam memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk bisa menjalankan ibadah haji. Tak hanya mendahulukan kaum Muslimin yang sudah lanjut usia untuk menjadi tamu Allah Subhanahu wa ta’ala, Kemenag ternyata juga mengajak kaum muda Tanah Air.

Melalui akun instagramnya, Kemenag mengajak para youtuber untuk bisa merasakan beribadah di Tanah Suci. Meski demikian, terdapat persyaratan yang wajib dipenuhi Muslim Youtuber agar dapat turut menunaikan ibadah rukun Islam kelima ini.

Ingormasi Persyaratan Petugas Haji Bagi Youtuber. Foto: IG kemenag_ri

Youtuber tersebut haruslah Warga Negara Indonesia (WNI), belum pernah berhaji, minimal berusia 25 tahun per 1 Agustus 2018. Kemudian memiliki channel Youtube dengan subscriber minimal sebanyak 50 ribu dan 2 juta penonton dalam satu bulan.

Lalu channel Youtube tersebut memilik konten dengan tema sosial, pendidikan, keagamaan, dan memiliki reputasi baik. Selanjutnya Youtuber itu memiliki kemampuan komunikasi, jurnalistik, serta pengelolaan dan produksi video.

Adapun peryaratan administrasi yang harus dipenuhi ketika mengirim pendaftaran adalah fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), fotokopi ijazah terakhir, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat dari instansi pemerintah, dan surat keterangan bebas dari narkoba.

Tak hanya itu, youtuber yang berminat ikut diminta menyertakan rencana kerja pemberitaan selama di Arab Saudi, serta surat pernyataan bersedia melaksanakan tugas secara penuh di sana sesuai ketetapan Kemenag.

Lebih lanjut mengenai syarat dan prosedur pendaftarannya, bisa dicek di website resmi Kemenag www.kemenag.go.id pada menu informasi penting. Jangan lupa, pendaftaran berlangsung pada 4 sampai 10 April 2018. (MS)

Baca Juga

BPJPH Sudah Masuk Struktur Kemenag

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah menandatangani Peraturan Menteri Agama No …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *