KH Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan dalam pembukaan "Workshop Pencegahan Propaganda Radikal Terorisme di Dunia Maya bersama Media, OKP dan Ormas", di Jakarta, Rabu malam (22/03/2017).

Ketum MUI: Terorisme bukan Jihad, Jihad bukan Terorisme

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Ma’ruf Amin menegaskan, ada beda antara terorisme dengan jihad. Terorisme, tandas Kyai Ma’ruf, bukanlah jihad dan jihad juga bukan terorisme.

“Teror adalah suatu hal dan jihad adalah hal lain, tidak ada persamaannya,” ungkap Kyai Ma’ruf saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan “Workshop Pencegahan Propaganda Radikal Terorisme di Dunia Maya bersama Media, OKP dan Ormas”, di Jakarta, Rabu malam (22/03/2017).

Terkait upaya-upaya deradikalisasi yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kyai Ma’ruf mengatakan, lebih baik melakukan pencegahan bagi mereka yang belum terkena. Sementara bagi yang sudah terlibat kegiatan terorisme dan radikalisme, Kyai Ma’ruf mendorong supaya dilakukan upaya “ruju’ ilal haq.” “Caranya memang tidak mudah,” imbuhnya.

Dalam kapasitasnya sebagai Rais Aam PBNU, Kyai Ma’ruf menjelaskan tiga cara organisasinya dalam menyampaikan pesan Islam. Dengan cara yang santun, penuh toleransi dan saling mencintai-menyayangi.

“Karena itu NU mengembangkan tri ukhuwah. Ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah,” jelasnya.

Workshop yang digelar BNPT bekerja sama dengan NU Online ini diikuti sekitar 200 peserta, berasal dari jaringan NU se-Indonesia, perwakilan media, OKP dan Ormas lainnya. Secara resmi workshop yang dilaksanakan pada 22-24 Maret ini dibuka oleh Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius. [SR]

BACA JUGA!

Camat Taman Tamansari Dicopot, Status Tunggu Hasil Pemeriksaan

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan status final Camat Tamansari Firmanudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *