Ilustrasi

Khutbah Idul Fitri 1440 H: Islam Membangun Peradaban Manusia Terbaik, Unggul Dunia Akhirat

الله أكبر لااله الاّ الله و الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Kaum muslimin jamaah sholat Iedul Fitri yang dirahmati Allah

Penegakan disiplin sosial dalam pelaksanaan ajaran Islam akan mewujudkan peradaban yang tinggi, yang unggul dunia akhirat. Bagaimana tidak, masyarakat yang sungguh-sungguh beriman kepada Allah SWT, kepada hari akhirat, faham betul kehidupan dunia dan kehidupan akhirat sebagaimana yang sudah diurai dalam ayat-ayat Al Quran maupun Sunnah Nabi Saw., pasti masyarakat di situ akan memiliki ilmu pengetahuan yang meluas dan mendalam tentang itu semua, kebiasaan mereka membaca Al Quran dalam ta’lim maupun, tilawah dan shalat, akan terus menyegarkan ingat mereka, membuat memori otak mereka lebih baik, dan membuat akal pikiran mereka lebih cerdas, sekaligus terus meningkatkan kesadaran hukum dan kesadaran politik mereka yang membuat mereka dalam tingkat berfikir yang tinggi dan berperadaban unggul. Disamping itu mereka akan senantiasa memiliki kesadaran hubungan dengan Allah SWT Sang Maha Pencipta seluruh isi jagad rayat ini, bahkan penguasa alam gaib dan nyata, penguasa di hari pembalasan. Keimanan mereka kepada seluruh hal itu membuat mereka dalam posisi unggul yang sangat tinggi. Allah SWT berfirman:

{وَلَا تَهِنُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ } [آل عمران: 139]

Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (QS. Ali Imran 139).

Umat yang memiliki kasadaran berilmu tinggi ini akan tegar dan sabar menghadapi musuh. Mereka tidak mudah lebay dan putus asa. Mereka bahkan lebih sabar dalam menghadapi musuh karena mereka punya harapan berupa rahmat Allah SWT yang tidak dipunyai musuh. Allah SWT mengabadikan hal itu dalam firman-Nya:

{وَلَا تَهِنُوا فِي ابْتِغَاءِ الْقَوْمِ إِنْ تَكُونُوا تَأْلَمُونَ فَإِنَّهُمْ يَأْلَمُونَ كَمَا تَأْلَمُونَ وَتَرْجُونَ مِنَ اللَّهِ مَا لَا يَرْجُونَ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا } [النساء: 104]

Janganlah kamu berhati lemah dalam mengejar mereka (musuhmu). jika kamu menderita kesakitan, Maka Sesungguhnya merekapun menderita kesakitan (pula), sebagaimana kamu menderitanya, sedang kamu mengharap dari pada Allah apa yang tidak mereka harapkan. dan adalah Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. An Nisa 104).

Dan mereka tahu bahwa syarat kemenangan adalah ketabahan dan kesabaran dalam pertempuran dan itu merupakan perintah Allah SWT:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ } [آل عمران: 200]

Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. (QS. Ali Imran 200).

Oleh karena itu, umat terbaik dengan karakteristik beriman dan memahami Islam secara paripurna itu akan memenangkan persaingan dalam percaturan kehidupan. Allah SWT mengabadikan hal itu dalam firman-Nya:

{..ِ إِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ عِشْرُونَ صَابِرُونَ يَغْلِبُوا مِائَتَيْنِ وَإِنْ يَكُنْ مِنْكُمْ مِائَةٌ يَغْلِبُوا أَلْفًا مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَفْقَهُونَ } [الأنفال: 65]

..jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.” (QS. Al Anfal 65).

الله أكبر لااله الاّ الله و الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Kaum muslimin jamaah sholat Iedul Fitri yang dirahmati Allah

Peradaban unggul itu terlahir karena Islam datang untuk memenangkan siapa saja yang membawanya. Sebab, Islam yang terlahir dari langit adalah unggul daripada peradaban yang bersumber dari pemikiran bumi dan pemikiran manusia yang sangat terbatas. Allah SWT berfirman:

. {هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ } [التوبة: 33]

Dialah yang telah mengutus RasulNya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkanNya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai. (QS. At Taubah 33).

Oleh karena itu, semoga dengan merenungkan dan mengevaluasi diri kita masing-masing, seberapa jauh dalam proses sebulan Ramadhan kemarin kita bisa menyerap peradaban Islam yang unggul dalam kehidupan dan shiyam kita. Dan selanjutnya mari kita bangun kembali peradaban kita dengan peradaban Islam dari sumber-sumbernya sebagaimana pertama kali umat ini dibangun oleh Rasulullah Saw. Allah mengabadikan langkah Rasulullah saw, membangun peradaban unggul ini dalam firman-NYa:

{هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ (2) وَآخَرِينَ مِنْهُمْ لَمَّا يَلْحَقُوا بِهِمْ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (3) ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ (4) } [الجمعة: 2 – 4]

Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata, dan (juga) kepada kaum yang lain dari mereka yang belum berhubungan dengan mereka. dan Dia-lah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Demikianlah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah mempunyai karunia yang besar.
(QS. Al Jumu’ah ayat 2-4).

الله أكبر لااله الاّ الله و الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Kaum muslimin jamaah sholat Iedul Fitri yang dirahmati Allah

Akhirnya marilah kita berdoa memohon dengan segala ketundukan kita kepada Allah SWT agar kita semua mampu membangun peradaban kiat dengan peradaban Islam yang paripurna dan unggul tersebut.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ ويا قاضي الحاجات
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ
رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
رَبَّنَا إِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيهِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيعَادَ
وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين.

Muhammad Al Khaththath
Koordinator Nasional Gerakan Indonesia Sholat Subuh (GISS)

Naskah khotbah disampaikan dalam Sholat Iedul Fitri DKM Masjid Manarul Islam Bangil di Lapangan Al Irsyad Kancil Mas Bangil 1 Syawwal 1440 H.

BACA JUGA!

FPI dalam Sorotan, Akankah Ada Keadilan?

20 Juni 2019 adalah tanggal habisnya masa SKT (Surat Keterangan Terdaftar) milik FPI (Front Pembela …