Anies Baswedan bersama Ketua RW di Cengkareng, Husain, yang juga mertua dari Yusuf, petugas bandara Changi yang membantu Anies 17 tahun silam.

Kisah Haru Anies di Bandara Changi 17 Tahun Silam, ternyata Petugas Bandara itu Mantu Ketua RW di Cengkareng

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata punya kisah mengharukan saat berada di Bandara Changi, Singapura, 17 tahun silam. Saat itu Anies masih menyelesaikan program doktoralnya di Amerika Serikat.

Boarding pass Anies disobek oleh petugas Bandara Changi saat ia hendak terbang ke Amerika. Petugas itu mengganti kursi tempat duduk Anies dari kelas ekonomi menjadi bisnis. Dan, ternyata yang menyobek itu adalah menantu seorang Ketua RW di Cengkareng, Jakarta Barat.

Kisah mengharukan ini ditulis sendiri oleh Anies melalui akun media sosialnya, Facebook dan Instagram, Sabtu 2 Maret 2019. Berikut kisah lengkapnya:

“Mantu saya orang Singapura, dia kenal Pak Anies. Katanya dulu Pak Anies pernah ngurus tiket sama dia,” kata Pak Husain, Ketua RW di Cengkareng. Pak Husain, berbaju hitam, duduk di kiri sudah jadi Ketua RW selama 30 tahun.

Tak lama kemudian, beliau telepon Yusuf, mantunya di Singapura. Saya bicara dengan Yusuf. Kami bercerita tentang kejadian di Changi Airport tahun 2002. Dunia ini kecil.

Peristiwa itu rasanya baru kemarin. Saat itu saya dalam perjalanan pulang dari penelitian lapangan di NTB, Kaltim dan Jatim, menuju Chicago untuk meneruskan menulis disertasi.

Saat check-in Singapura, Yusuf, petugas itu melihat tiket dan bertanya kenapa tanggal perjalanan yang tertera di tiket terlambat beberapa bulan dengan tanggal hari itu.

Tiket saya diperpanjang beberapa kali, karena visa tak kunjung keluar. Rencana di Indonesia 5 minggu, berubah jadi 5 bulan. Tiket harusnya hangus, tapi karena visa belum keluar, maskapai mau memperpanjang masa berlaku beberapa kali.

BACA JUGA!

Takut pada Allah bukan Sekadar di Lisan

Seorang pemimpin adalah contoh bagi rakyatnya, yang amanah dalam setiap kepemimpinannya. Pemimpin dalam setiap ucapannya …