Anies Baswedan bersama Ketua RW di Cengkareng, Husain, yang juga mertua dari Yusuf, petugas bandara Changi yang membantu Anies 17 tahun silam.

Kisah Haru Anies di Bandara Changi 17 Tahun Silam, ternyata Petugas Bandara itu Mantu Ketua RW di Cengkareng

Di counter check-in, kami berbincang sambil Yusuf mengetik di komputernya. Dia terkejut saat mendengar kepulangan saya tertunda beberapa bulan. Dia tanya di mana keluarga. Saya jelaskan bahwa istri kuliah master sambil mengurus anak-anak di Amerika. Sementara saya di Jakarta tidak bisa kembali.

Tak lama kemudian dia berikan boarding pass, sambil pesan jangan duduk jauh-jauh barangkali ada perlu mudah dipanggil. Saya duduk sekitar gate, menunggu boarding.

Saat boarding, nama saya dipanggil dan diminta menuju counter di gate. Saya pikir, wah alamat akan ada masalah lagi. Saya bergegas ke counter, Yusuf ada di sana. Dia meminta boarding pass. Ternyata Yusuf langsung sobek boarding pass itu. Saya kaget tapi menahan diri.

Dia ambil boarding pass baru dan memberikannya sambil berkata, “This is for you. The new boarding pass. Please enjoy your flight.”

Lalu saya lihat boarding pass yang baru itu. Tertulis: Business Class. Seluruh penerbangan dari Singapura sampai Chicago. Yusuf telah meng-up-grade jadi business class!.

“Masya Allah, thank you so much. But why?” tanya saya takjub. Dia senyum ”I cant imagine how difficult it was for you, waiting to return to your family for months. This is the least I can do.”

Masya Allah, Yusuf ini baik sekali. Saya jabat tangannya, mengucapkan terima kasih lagi. Lalu dia menutup dengan mengatakan, “btw, my wife is from Jakarta”. Kita bersalaman dan pisah.

Saya ingat sekali kebaikan petugas itu. Dan itulah pertama kalinya saya yang masih mahasiswa bisa merasakan naik pesawat kelas bisnis dalam perjalanan lebih dari 18 jam. Itu semua atas kebaikan seorang petugas bernama Yusuf.

BACA JUGA!

Takut pada Allah bukan Sekadar di Lisan

Seorang pemimpin adalah contoh bagi rakyatnya, yang amanah dalam setiap kepemimpinannya. Pemimpin dalam setiap ucapannya …