Kunjungi Pengungsi Muslim Rohingya di Kutupalong, Fadli: Ini Masalah Kemanusiaan Serius

Kutupalong, Coxs Bazar (PIKIRANUMAT) – Plt Ketua DPR RI Fadli Zon mengunjungi lokasi pengungsian Rohingya di Kutupalong, Cox’s Bazar, Bangladesh. Dia terharu melihat warga Rohingya yang harus terusir dari negaranya karena konflik berkepanjangan di Rakhine.

Saat ini di Kutupalong, ada sekitar satu juta pengungsi dari Rohingya yang menyeberang dari Myanmar. Jumlah ini terus bertambah karena kekerasan di Rakhine belum juga berhenti.

“Dari laporan, kemarin saja datang 185 orang yang baru datang,” kata Fadli Zon di lokasi pengungsian, Kamis (21/2).

Saat ini lokasi pengungsian sudah mencapai 3.000 hektar dan menjadi tempat pengungsi yang paling luas di dunia.

Ironisnya, kebanyakan pengungsi adalah anak-anak. Ada 500.000 anak-anak di Kutupalong. Dari jumlah itu, 30.000 adalah anak anak yatim piatu.

“Ini masalah kemanusiaan yang sangat-sangat serius. Bukan hanya bagi Bangladesh, atau Asia Tenggara, tapi ini masalah bagi dunia,” kata Fadli Zon, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Selain Fadli, perwakilan parlemen Indonesia yang hadir adalah Ledia Hanifa (FPKS) dan Nurmansyah Effendi Tanjung (F-PDIP). Hadir pula Dubes RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno. Mereka sempat berdiskusi dengan para pengungsi difasilitasi UNHCR. Kesaksian para pengungsi sungguh mengerikan.

“Mereka sudah kehilangan keluarga. Anak, istri, suami, kebanyakan karena rezim militer di Myanmar. Ini harus dihentikan dengan langkah politik,” tegas Fadli.

Dia mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam misi kemanusiaan di Bangladesh. Termasuk para relawan dari Indonesia yang sudah menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan membuka posko kesehatan bagi pengungsi Rohingya.

Fadli Zon dan rombongan berkeliling di lokasi pengungsian hampir selama dua jam. Lokasi pengungsian penuh dengan shelter yang dibangun seadanya dengan dinding tanah lempung atap dari jerami atau plastik seadanya. Sementara untuk air agak kurang, walau ditemukan lokasi pompa pompa air manual. []

BACA JUGA!

Dubes Saudi Puji Reuni Akbar 212, Sekjen PBNU Meriang

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan protes keras terhadap Duta Besar …

One comment

  1. Assalamualaikum. Saya ingin mengirim bantuan terhadap pengungsi rohingya. Mohon arahan agar bisa terlaksana. Tks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *