IMF

Mesir Utang ke IMF 12 Miliar Dolar AS

Washington (PIKIRAN UMAT) – Lembaga pengutang internasional, International Monetary Fund (IMF) menyetujui pemberian pinjaman senilai 12 miliar dolar AS (sekitar Rp160,1 triliun) selama tiga tahun untuk Mesir. Pinjaman itu dimaksudkan untuk membantu pemulihan negara itu dari krisis ekonomi.

Dewan eksekutif IMF menyatakan akan segera mengucurkan dana 2,75 miliar dolar AS (sekitar Rp36,7 triliun) kepada Mesir, sementara suntikan selanjutnya akan bergantung pada performa ekonomi negara itu dan penerapan sejumlah reformasi.

Program tersebut “akan membantu Mesir memulihkan stabilitas makro-ekonomi dan mendorong pertumbuhan” menurut dewan dalam sebuah pernyataan.

“Kebijakan yang didukung oleh program ini ditujukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan eksternal dan memulihkan daya saing, menurunkan defisit anggaran dan utang publik, mendorong pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja sembari melindungi kelompok rentan.”

Tindakan itu dijalankan setelah Kairo melakukan langkah reformasi awal dalam beberapa pekan terakhir untuk memenuhi persyaratan IMF menurut warta kantor berita AFP.

Sejatinya, berutang ke IMF sama saja dengan membawa negara itu ke jurang keterpurukan. Terbukti, selama ini tidak ada negara di dunia yang selamat perekonomiannya dengan utangan dana dari IMF. Pengalaman di banyak negara, utang IMF justru membuat krisis negara-negara pengutang semakin parah. [FR/ANT]

BACA JUGA!

Camat Taman Tamansari Dicopot, Status Tunggu Hasil Pemeriksaan

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan status final Camat Tamansari Firmanudin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *