Puluhan Napi di Lapas Kembangkuning Hapus Tato

Cilacap (PIKIRAN UMAT) – Lembaga pelayanan kesehatan Islamic Medical Service (IMS) bekerja sama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menggelar kegiatan hapus tato gratis bagi narapidana di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Kegiatan hapus tato berlangsung di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Kembangkuning, Jumat-Sabtu (08-09/02/2019).

Awalnya, napi yang terdaftar untuk ikut kegiatan ini 73 orang. Namun, karena animo yang cukup tinggi, selama dua hari ini, peserta hapus tato di LP Kembangkuning bertambah menjadi 89 orang.

Program hapus tato dibuka secara resmi oleh perwakilan Kalapas Kembangkuning, Edy Saryanto, yaitu Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dr Sudiro, pada Jumat pagi di aula lapas.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI yang juga Ketua Dewan Pengawas Syariah YBM PLN Prof M Amin Suma dan Ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah Muhammad Arasy.

Direktur IMS Imron Faizin mengungkapkan, hapus tato merupakan program yang telah berjalan setahun ini, dan telah diikuti lebih dari 3.000 peserta yang mereka sebut sebagai “Sahabat Hijrah”. “(Sejauh ini sudah) 3.200 Sahabat Hijrah yang kami layani,” ujarnya.

Khusus untuk hapus tato di LP, IMS pada April 2018 lalu, telah meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) RI mengenai program hapus tato di LP-LP.

Kata dia, dari nota kesepahaman itu, diharapkan IMS bisa menggelar program hapus tato di lapas se-Indonesia. Beberapa waktu sebelumnya, kegiatan serupa juga telah digelar di LP Kembangkuning.

BACA JUGA!

Besok Prabowo Mau Jumatan di Masjid Agung Semarang, Ketua Takmir Keberatan

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Ketua Masjid Agung Semarang atau Masjid Kauman, KH Hanief Ismail mengaku …