Qatar Charity Kunjungi Sekolah Cendekia BAZNAS di Bogor

Bogor (Pikiran Umat) – Qatar Charity mengapresiasi perkembangan dan kemajuan Sekolah Cendekia BAZNAS. Hal itu terkait penerapan sistem edukasi formal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan beragam prestasi yang diraih para siswa-siswinya.

Apresiasi itu mengemuka dalam acara kunjungan delegasi Qatar Charity Foundation ke Sekolah Cendekia BAZNAS (SCB), Ahbaabullah Center, Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2018).

“Alhamdulillah, Sekolah Cendekia BAZNAS mendapat apresiasi dari Qatar Charity. Kita berharap prestasi-prestasi yang dicapai oleh para siswa-siswi SMP Cendekia BAZNAS semakin meningkatkan kepercayaan para muzaki untuk berzakat ke BAZNAS,” ujar anggota BAZNAS, Ir. Nana Mintarti, MP.

Hadir juga mantan Ketua Umum BAZNAS, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin; Direktur Pendistribusian BAZNAS, Mohd. Nasir Tajang; dan Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS (LBB), Sri Nurhidayah.

Rombongan yang dipimpin Country Director Qatar Charity Indonesia (QCI), Karam Zeinhom Hassan Aly ini, membawa 6 pejabat QCI serta 10 delegasi yang langsung terbang dari Doha, Qatar.

Selain meninjau Sekolah Cendekia BAZNAS di kompleks Ahbaabullah Center, delegasi juga memberikan bantuan sebanyak 190 boks sembako untuk para dhuafa di sekitar sekolah dan 285 paket pendidikan untuk siswa SCB dan sekitar sekolah.

Mereka antara lain, Badriya Mohammed Y.M. Al-Yaqout, Shaikha Rashid A M Al-Muftah, Rehab Osman Ahmed Babikir, Marriam Ahmad A Al-Zaman, Aisha Abdulla A Al-Motawwa, Nasrah Ahmed M Tahir.

Selanjutnya, Aisha Hassan A M Maarafiya, Sameera Ahmad M Taher, Shaikha Abdulla Y A Abdulla, Muna Abdulla Y A Abdulla, Huda Yousef J M Al-Tamimi, Ahmad Yousef A A Al-Mulla, Maryam Ahmad Y A Al-Mulla, Shaikha Ahmad Y A Al-Mulla.

Dari QCI, turut serta Islam M Fayez, Muhammad Idharsyah, Teguh Purwanto, Hendra Hadi dan Amirudin.

Nana Mintarti mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan anak-anak didik SCB meraih juara pada beragam turnamen dan kompetisi lokal dan nasional.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada QCI, seraya berharap kerja sama para pihak semakin meningkat, sehingga bisa mengubah banyak mustahik (penerima zakat) menjadi muzaki (pembayar zakat).

SCB merupakan sekolah gratis berasrama yang dikhususkan bagi anak-anak yatim dan dhuafa di seluruh Indonesia.

“Sekolah berdiri atas dukungan para muhsinin Qatar Charity Indonesia yang telah mendirikan bangunan megah di sini, Yayasan Siti Hajar Sidja’i sebagai wakif, dan Badan Amil Zakat Nasional mendukung dalam hal operasional sekolah,” kata Nana.

Terhitung sejak tahun ajaran 2017/2018, yakni juli 2017 sampai April 2018, tercatat sebanyak 95 penerima manfaat langsung (putra 65 dan putri 30) dan 3.043 penerima manfaat tidak langsung.

Penerima manfaat tidak langsung ini adalah aktivitas SCB bersama masyarakat sekitar, di antaranya pelatihan guru bulanan, pengobatan gratis, beasiswa bagi masyarakat sekitar, training motivasi bagi siswa, agroeduecowisata, pengolahan limbah sampah dan program lainnya.

“Sekolah berupaya tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta didik saja namun sekolah berkomitmen untuk memberikan kebermanfaatan luas bagi lingkungan masyarakat sekitar sekolah yang biasa kami sebut School Social Responsibility,” ucap Nana.

Dia menjelaskan, kegiatan sekolah selain belajar-mengajar meliputi observasi kelas, aksi peduli lingkungan masjid, perpustakaan umum, English camp, kegiatan ilmiah, dan ekskul siswa berupa renang, panahan, pramuka, petangque, pencak silat, seni peran, marawis, saman, arumba.

“Untuk melatih kemandirian, siswa diberikan sarana belajar Cendekia Entrepreneur Club dengan produk unggulan roti Maryam cendekia, cokelat, dan yoghurt,” ujar Nana.

Khusus untuk Agroeduecowisata, imbuh dia, merupakan sarana belajar bagi anak usia sekolah dasar untuk belajar tentang pertanian, perikanan, peternakan, perilaku hidup sehat dan bersih, serta entrepreneurship.

Saat ini sekolah sedang mencoba menata dan melengkapi sarana-sarana ini. “Kami juga sedang berupaya mendirikan Gedung Kebangkitan Zakat sarana kami menggelorakan semangat berzakat,” kata dia. (MS)

BACA JUGA!

Dubes Saudi Puji Reuni Akbar 212, Sekjen PBNU Meriang

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan protes keras terhadap Duta Besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *