Ilustrasi: Tsunami Banten

Resolusi 2019: Perubahan Hakiki Menuju Khilafah

Kedua, musibah yang terjadi sebagai dampak merebaknya kemaksiatan dan maraknya pelanggaran terhadap syariat Allah Ta’ala. Terutama kemaksiatan dan pelanggaran yang dilakukan oleh para penguasa. Dibuktikan dengan berbagai kezaliman yang menimpa rakyat. Sebagaimana dalam firman Allah Ta’ala dalam Surat Ar-Rum [30] ayat 41:

“Telah tampak kerusakan di daratan dan di lautan akibat perbuatan tangan (kemaksiatan) manusia supaya Allah menimpakan kepada mereka sebagian akibat perbuatan (kemaksiatan) mereka itu agar mereka kembali (ke jalan-Nya).”

Musibah sebagai Muhasabah

Kezaliman yang ditampakan dengan sangat telanjang oleh penguasa telah mendatangkan musibah di berbagai lini kehidupan. Misal, musibah kemiskinan yang menjerat rakyat di tengah kekayaan negeri yang berlimpah ruah. Adalah buah dari tidak becusnya rezim ini mengelola kekayaan negeri. Sebaliknya rezim secara zalim mengobral dan menyerahkan kekayaan negeri ini di tangan asing dan aseng.

Contohnya, lihatlah bagaimana rezim dibuat tak berdaya menghadapi jebakan kontrak karya Freeport Indonesia. Sehingga berpuluh-puluh tahun lamanya, jutaan ton tambang emas di Papua dinikmati Freeport. Padahal seharusnya gunung emas tersebut adalah milik rakyat dan harus dinikmati oleh rakyat. Mirisnya, banyak rakyat Papua yang hidup miskin di tengah limpahan emas.

Kemiskinan yang menjerat rakyat tak hanya diakibatkan salah tata kelola kekayaan negeri oleh penguasa. Namun, juga diakibatkan jeratan utang ribawi yang makin menggunung. Hingga hari ini utang tersebut nyaris menyentuh angka Rp5.000 triliun, dengan bunga yang harus dibayar setiap tahun lebih dari Rp100 triliun. Akibatnya, pendapatan negara yang seharusnya bisa digunakan untuk mengatasi kemiskinan, terpakai untuk membayar utang ribawi berikut bunganya.

Di satu sisi negara justru membuka lebar pintu bagi masuknya TKA. Alhasil, tingginya tingkat pengangguran memicu berbagai konflik sosial masyarakat. Kriminalitas meningkat di tengah masyarakat. Menimbulkan musibah sosial, runtuhnya tatanan masyarakat.

Musibah dalam bentuk bencana moral pun tak kalah ngeri. Perzinaan kian marak. LGBT kian mewabah. Herannya negara justru melindungi para pelaku zina dan LGBT. Alhasil, lahirlah beragam penyakit di tengah masyarakat yang mengancam generasi, seperti HIV/AIDS.

BACA JUGA!

Erick Thohir Keliru, Kyai Ma’ruf Semakin Down

Makan malam Jokowi tanpa Cawapres Kyai Ma’ruf Amin (KMA) adalah blunder besar. Apalagi dikatakan kepada …