Rupiah Anjlok, Rahmat Gobel: Momentum Tingkatkan Ekspor

Jakarta (Pikiran Umat) – Anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS harus dijadikan momentum meningkatkan ekspor. Untuk mewujudkannya, tentunya perlu ada upaya ekstra dari pemerintah guna menyelesaikan masalah ekspor. Hal tersebut diungkapkan oleh mantan Menteri Perdagangan, Rahmat Gobel.

“Ya bagi pengusaha, pemerintah, ini harus dijadikan momentum untuk mendorong ekspor,” ujar Rahmat Gobel dalam sebuah diskusi, Sabtu (8/9/2018).

Selama ini, ungkapnya, Indonesia dipenuhi oleh badan impor dan ilegal. Karena itu dia menilai perlu membangun nilai tambah dari hasil bumi, hasil laut dan tambang Indonesia.

“Lalu kenapa sampai sekarang gak bisa berkembang? Visi kita kurang, visi industri kurang, visi dagang kita masih kuat. Sehingga lebih banyak ekspor barang mentah,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Rahmat, pengusaha juga harus diberi misi untuk mengembangkan industri. Terlebih Indonesia memiliki pasar. Sehingga pasar tersebut harus dimanfaatkan agar bisa ekspor.

“Indonesia bisa dijadikan basis industri yang dibangun. Saya yakin kita bisa bagaimana dorong investasi ini,” kata dia.

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat (7/9) sore bergerak menguat sebesar 37 poin. Rupiah menguat ke posisi Rp 14.836 dibandingkan sebelumnya Rp 14.873 per dolar AS.

BACA JUGA!

Aktif dalam Misi Kemanusiaan, Thoriquna: Kami Ingin Amalkan Perintah Nabi

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Sebagai lembaga sosial keagamaan, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Dakwah Islam (LPPDI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *