Jumat , 19 Oktober 2018
Ilustrasi: Anak Sehat dengan Aktif Bergerak.

Ternyata, Ini Rahasia Agar Anak Jarang Sakit

PIKIRAN UMAT – Musim hujan mulai tiba. Di musim ini, biasanya orang akan mudah terserang flu, batuk, juga demam. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami penyakit yang menyerang daya tahan tersebut.

Selain berupaya agar anak-anak tidak kehujanan saat beraktivitas, membiasakan hidup sehat akan membantu agar anak tidak mudah sakit dan tentunya memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Berikut beberapa cara sederhana yang harus dibiasakan agar anak tidak mudah sakit.

Aktif Fisik
Hindari membiarkan anak berlama-lama bermain gadget atau menonton TV. Caranya dengan mengalihkan mereka pada aktivitas yang melibatkan gerak fisik.

Biasakan untuk mendorong anak agar aktif bergerak setiap hari agar tubuhnya lebih bugar dan kuat. Orangtua juga harus bisa menjadi contoh yang baik untuk si kecil dengan ikut melakukan aktivitas fisik sehari-hari. Bermain bola, berenang, atau bersepeda bisa menjadi kegiatan yang pasti sangat disukai anak.

Banyak Minum Air Putih
Banyak mengonsumsi air putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah dehidrasi. Sebisa mungkin hindari konsumsi minuman ringan, apalagi minuman bersoda pada anak balita, sebab mengandung kadar gula yang tinggi.

Daripada memberikan minuman kemasan, memberinya jus buah tentu lebih menyehatkan sebagai selingan jika anak bosan minum air putih.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Mengonsumsi sayur dan buah dapat membantu si kecil tumbuh optimal. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan menambah daya tahan tubuh anak. Manfaat lain dari mengonsumsi sayur dan buah secara rutin ialah mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis. Untuk cemilan, pilih yang tidak terlalu manis. Puding, agar-agar, atau sate buah bisa jadi alternatifnya.

Batasi Interaksi dengan Gadget
Hidup tanpa gadget jauh lebih menyehatkan bagi anak-anak. Tapi jika belum bisa dihindari, orangtua harus tegas memberikan batasan waktu pada anak-anak untuk berada di depan layar, baik menonton televisi maupun menggunakan gadget.

Gaya hidup sedentari (kurang aktif bergerak) ini dapat berdampak pada kelebihan berat badan. Orangtua bisa menggantikan hal ini dengan mengajak anak banyak bermain di dalam maupun luar rumah.

Perhatikan Kebersihan Diri
Mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menyikat gigi secara teratur, dan mencuci kaki selepas bepergian dapat mencegah anak terpapar kuman dan bakteri. Tak kalah penting adalah menghindarkan anak dari paparan asap rokok.

Cukup Tidur
Terakhir, penting bagi orangtua untuk membiasakan waktu tidur si kecil sesuai dengan kebutuhannya. Selain agar tubuh selalu bugar, tidur cukup juga menghindari anak jadi rewel saat bangun pagi karena masih mengantuk. Kurang tidur dapat membuat anak terganggu dalam beraktivitas sepanjang hari.

Dengan kebiasaan hidup sehat di atas, tubuh anak akan menjadi bugar. Selain terhindar dari resiko beragam penyakit, anak juga akan aktif dan ceria dalam beraktivitas sehari-hari. (HR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *