Tsunami Palu, Jokowi Instruksikan Terima Bantuan Internasional

Jakarta (PIKIRANUMAT)-Presiden Jokowi memutuskan untuk menerima bantuan internasional terkait bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Dalam instruksinya, Jokowi mempersilakan otoritas terkait untuk menerima bantuan tersebut.

“Tadi malam, Presiden @jokowi memberi kami wewenang untuk menerima bantuan internasional untuk tanggap bencana yang mendesak dan dukungan,” tulis tulis Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Tom Lembong, via akun Twitter @tomlembong, Senin (1/10/2018).

“Saya membantu mengkoordinasikan bantuan dari sektor swasta dari seluruh dunia. Silakan kirim pesan pada saya di akun media sosial atau email saya; tom@bkpm.go.id. #PaluTsunami #PALUDONGGALA,” lanjut tweet Tom Lembong.

Gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah telah menewaskan 832 orang. Data ini resmi dari Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelumnya, sejumlah pemimpin dunia telah menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan kepada Indonesia.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen sangat prihatin dengan situasi yang terjadi di Sulawesi Tengah. Taiwan, kata dia, bersedia menawarkan segala jenis bantuan kepada Indonesia.

“Saya sedih dengan kerusakan dan kehilangan nyawa yang disebabkan oleh gempa dan tsunami di #Palu. #Taiwan siap mendukung upaya penyelamatan & pertolongan Indonesia,” tulisnya di Twitter.

Pemerintah Singapura juga menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia dan keluarga yang terkena musibah di Sulawesi Tengah.

“Atas nama rakyat Singapura, saya menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah pada 28 September 2018,” kata Presiden Singapura Halimah Yacob dalam suratnya kepada Jokowi.

“Pikiran kita bersama rakyat Indonesia selama periode sulit ini,” lanjut dia.

Mesir ikut menyampaikan dukacita. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negerinya, Mesir memberikan dukungan untuk Indonesia agar secepatnya pulih pascabencana gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi.

“Mesir menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga korban dan menekankan keyakinannya pada rakyat Indonesia bahwa mereka akan selamat dari insiden tragis ini,” bunyi pernyataan tersebut.

Sejumlah lembaga memberikan bantuan kepada Indonesia. Salah satunya badan amal Skotlandia yang menyumbangkan bantuan senilai Rp3,8 miliar untuk korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu. [SR/Sindonews]

BACA JUGA!

Dubes Saudi Puji Reuni Akbar 212, Sekjen PBNU Meriang

Jakarta (PIKIRAN UMAT) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan protes keras terhadap Duta Besar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *